Kamis, 20 November 2014

Lele Kemangi Kuah Santan

Suka ikan lele??saya suka banget, dan berhasil membuat suami juga suka sama ikan satu ini. Dulu biasa aja katanya, sekarang setiap belanja ke pasar penutupnya selalu berhenti di kios ikan lele. Digoreng saja sudah nikmatnya luar biasa, apalagi pas masih hangat-hangat, lumayan gurih dan tambah nikmat di cocol sambal trasi. Berhubung di kulkas masih ada lele 4 ekor, plus stok kemangi untuk lalapan masih banyak, akhirnya punya ide dimasak santan. Ikan kemangi kuah santan ini sering saya nikmati saat di rumah ibu di Jawa, aroma santan ditambah kemangi, membuat lauk ini makin enak untuk dinikmati. Baiklah, markimas mari kita masak...^^
LELE KEMANGI KUAH SANTAN
Bahan :
4 ekor ikan lele, potong menjadi 2,goreng kering
1 ikat kemangi
4 buah cabe hijau,iris serong
1 bungkus santan, kurang lebih takarannya seperti santan kara keci
1 gelas air, lebih juga boleh,suka-suka
Gula
Garam
Kaldu ayam, optional

Bumbu ulek :
7 bawang merah
4 bawang putih
5 cabe rawit
5 iris jahe
4 kemiri

Cara :
Tumis bumbu ulek dan cabe hijau sampai harum.
Tambahkan air, jika sudah mendidih masukkan ikan lele, lalu bumbui dengan garam, gula dan kaldu ayam.
Masukkan santan, lalu terakhir kemangi. 
Jika sudah matang, angkat, hidangkan.
Heummm..harum sekali baunya. Tidak terlalu pedas dan kuahnya seger banget, dinikmati dengan nasi pulen hangat dan kerupuk enak sekali. Bosan menu ikan lele goreng??bingung punya stok ikan lele goreng sisa kemarin mau diapain??udah, masak aja lele kemangi kuah santan, dijamin nagih dah hehe. Selamat mencoba, semoga bermanfaat..

Salam
~hot wajan~

10 komentar:

  1. waaa,,blog baru,,nyam nyam,,pasti enak nih,,,

    BalasHapus
  2. huwaa saya juga suka lele mba. tapi belum pernah dimasak santan begini. sukanya digoreng biasa aja :D makasih resepnya ya mba. anw salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kembali mbk..silahkan dicoba^^

      Hapus
  3. Maaak, laper :9 Aku juga suka lele, bisa 1 kilo sendirian kalo lagi kalap hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyyya ampunnnn..wahahahaha,itu laper atau doyan??heheh

      Hapus
  4. saya jgua penggemar berat lele.. aduhai kalau pakai santai.. yuummmm

    BalasHapus
  5. asssiiikkk berkunjung ke rumah baru :)

    Saya juga suka banget le. Tapi paling di goreng atau di bakar pakai madu. Blm coba dimacem2in. Kapan2 praktekin resep ini, ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. xixixixixi.....
      iya mak,kl idenya mentok dan bosen digoreng disantani aja,endes pokoknya^^

      Hapus