Minggu, 06 Mei 2018

Resep dan Cara Mencetak Bakso untuk Pemula

Assalamualaikum..Jadi, ceritanya ini latepost banget. Beberapa minggu yang lalu saya bikin bakso, kalau biasanya saya bikin baksonya pas lagi di rumah Jombang aja. Tapi kali ini saya bikin bakso sendiri lho, awalnya ragu dan mbatin,kira-kira jadi nggak ya baksonya??. Pas lihat dan baca kemasan tepung bakso berbumbu Acine, nggak pake lama saya langsung optimis aja baksonya nggak gagal, hahaha. Pede banget ya, xixixi...

Tapi kenyataannya emang gampang banget lho dan mudah kayak sulap, sling sling langsung jadi haha.. Kok bisa??karena saya pakai tepung bakso berbumbu Acine dari @dapuracine. Nggak perlu pusing nakar bahan, karena bikin bakso kali ini cukup dengan 3 bahan saja, yaitu daging, tepung bumbu bakso Acine dan air es saja lho. Jadi tinggal cemplung-cemplung, nggak sampai 1 jam jadi deh..

Resep Bakso
Bahan :
1 bungkus tepung bakso Acine
400 gr daging (saya pake daging ayam)
50-80 ml air es
Air untuk merebus

Cara membuat :
Masukkan daging dalam food processor, tambahkan air es dan giling hingga halus. Masukkan tepung bakso bumbu Acine, uleni sampai tercampur dan kalis. Bentuk bola-bola dan masukkan ke dalam air panas. Rebus hingga matang dan mengembang,angkat.

Nah, untuk mencetak baksonya saya pakai tangan, lebih greget gitu daripada pakai 2 sendok hehe. Hasilnya, alhamdulillah enak banget. Kapan-kapan pingin coba pake daging sapi, hmmm pasti enak.

Ohya, untuk info pemesanan tepung berbumbu Acine, bisa langsung cek ke instagram @dapuracine.

Selasa, 13 Februari 2018

Pempek Nasi

Assalamualaikum...nah, kalau kapan hari saya bikin pempek dos, kali ini bikin pempek nasi yang sempat kekinian pada masanya. Masih menggunakan Tepung Kanji Acine ya. Jadi, praktis banget. Kebetulan jadinya banyak, dibagi-bagiin deh ke teteh tetangga kontrakan. Katanya enak, alhamdulillah yang bikin senang.

Pempek Nasi
Bahan :
1 centong nasi
200 ml air (secangkir)
70 gr terigu 1 bungkus tepung Kanji Acine
1 butir telur
Air 

Cara membuat :
Panaskan air dalam panci. Masukkan 1 centong nasi, aduk sampai nasi agak lembut. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk, matikan api. Jika adonan sudah hangat, tuang ke wadah. Masukkan telur, aduk. Masukkan tepung Kanji Acine, uleni. Siapkan air panas di dalam panci. Lumuri tangan dengan tepung, ambil adonan secukupnya, bentuk tebal memanjang lalu masukkan ke dalam air panas. Ulangi sampai adonan habis. Goreng.

Cuko Bahan :
175 gr gula merah,iris
800 ml air
Sedikit asam jawa

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
2 sdm ebi,rendam air panas,tiriskan
7 cabe rawit

Cara membuat :
Rebus asam, gula merah dan air. Saring lalu rebus kembali sampai mendidih. Masukkan bumbu halus, masak Cuko sampai matang.

Buat yang pingin tau produk tepung berbumbu Acine, bisa langsung ke instagramnya ya di @dapuracine. Disana banyak macam varian tepung, jadi bisa beli banyak varian.
Teman-teman, ada yang suka pempek??

Selasa, 06 Februari 2018

Pempek Dos

Assalamualaikum... siapa disini yang suka pempek?hati angkat tangan?saya!!. Tanya sendiri jawab sendiri hahaha. Kapan hari, pas bubuky tidur pagi, gara-gara hujan jadi ngantuk deh. Saya nggak bisa tidur, akhirnya beberes baju dan mainan bubuky. Eh, habis itu saya lihat isi kardus ada aneka tepung bumbu dari Dapur Acine. Salah satunya Tepung Kanji Acine. Cari ide, akhirnya punya kekuatan *ceilah* untuk bikin pempek.

Kebetulan dulu sering banget bikin pempek dos, jadi sudah taulan gimana caranya. Enaknya pakai Tepung Kanji Acine ini lebih praktis, karena bumbu sudah ada, tinggal nyiapin terigu, air dan telur aja. Tuh kan, nggak ribet ya.. Hasilnya, hmmm...lembut bangetttt. Saya suka saya suka... Kalau hasil masak memuaskan dan jauh dari perkiraan itu rasanya sesuatu. Saya udah mikir yang nggak-nggak diawal, tapi pas jadi dan dirasain, aduh lembut banget. Pas...

Pempek Dos (pempek tanpa ikan)
Bahan :
200 ml air (secangkir)
90 gr terigu
1 bungkus tepung Kanji Acine
1 butir telur
2 butir telur, kocok (untuk isian)
Air panas

Cara membuat :
Panaskan air dalam panci. Masukkan terigu sedikit demi sedikit,sambil terus diaduk hingga adonan mengental, matikan api. Jika adonan sudah hangat, tuang ke wadah. Masukkan telur, aduk. Masukkan tepung Kanji Acine, uleni. Siapkan air panas di dalam panci. Lumuri tangan dengan tepung, ambil adonan secukupnya, pipihkan, bentuk bulat cekung, alu beri isi, tutup lalu masukkan ke dalam air panas. Ulangi sampai adonan habis.

Cuko
Bahan :
175 gr gula merah,iris
800 ml air
Sedikit asam jawa

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
2 sdm ebi,rendam air panas,tiriskan
7 cabe rawit

Cara membuat :
Rebus asam, gula merah dan air. Saring lalu rebus kembali sampai mendidih. Masukkan bumbu halus, masak Cuko sampai matang.

Buat yang pingin tau produk tepung berbumbu Acine, bisa langsung ke instagramnya ya di @dapuracine. Disana banyak macam varian tepung, jadi bisa beli banyak varian.

Teman-teman, ada yang suka pempek??

Kamis, 01 Februari 2018

Resep Ayam Kentucky Enak, Kriuk dan Renyah

Zaman sekarang rasanya semua dipermudah ya, yang dulunya ribet (bagi sebagian orang) sekarang semuanya lebih praktis saja. Salah satunya di dunia perdapuran, yang dulunya mungkin nggak bakal bisa masak dengan mudah, praktis dan cepat. misalnya tepung bumbu bakso, tepung mendoan, dan masih banyak lagi.

Kemarin saya nyoba bikin ayam kentucky pake tepung bumbu bakso dari @dapuracine. Tinggal tambah terigu aja, jadilah tepung kentucky yang hasilnya kriuk bangetttt. 

Ayam Kentucky
Bahan : 8 potong ayam, lumuri dengan garam dan ketumbar
Minyak goreng
Tepung : 100gr terigu 1 bungkus (80gr) Tepung Bakso Acine
Air sedikit

Cara membuat :
Pelapis kering → Campur terigu dan tepung bakso acine, sisihkan.
Pelapis basah → siapkan wadah, masukkan ayam, ambil campuran tepung 2 sdm dan air sedikit. Aduk rata. Ambil ayam yang direndam di pelapis basah, gulingkan di pelapis kering, remas2 sampai berserat lalu tepuk2. Goreng sampai coklat keemasan.

Gampang banget kan??nah, buat yang penasaran sama produk Acine, bisa langsung cek berbagai pilihan tepung bumbu di instagram @dapuracine. Kalau mau lihat aneka olahan dan resep dari produk Acine, bisa lihat di instagram dengan mengetik #KreasiAcine.

Semoga bermanfaat^^

Kamis, 09 November 2017

Resep Membuat Ayam Goreng Kriuk dengan Terigu Saja


Assalamualaikum....Ceritanya, saya sudah lama banget nggak bikin ayam kakek-kakek (baca : ayam kfc 😂). Kalau dulu, sering lihat resep teman-teman yang tepung terigunya dicampur dengan tepung maizena, terus pelapisnya ditambah telur dll. Tapi seringnya saya nggak punya stok tepung lain selain tepung terigu. Dan kadang pingin ayam kriuk tapi ada aja bahan lain yang nggak ada. Jadi, saya bikin ayam goreng kriuk dengan satu macam tepung saja, yaitu terigu.

Soal hasil, nggak kalah cantik dan mekar. Bikinnya simpel aja, cuma pake tepung terigu aja, nggak ada tambahan tepung yang lain. Tetep kriuk, berserat dan maknyus 😀.

AYAM GORENG KRIUK
Bahan :
8 potong ayam,taburi garam,ketumbar,bawang putih halus secukupnya.
50 ml air (kalau kurang tinggal tambah)
Minyak goreng

Tepung bumbu (aduk jadi satu) :
250 gr terigu
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Masukkan air ke wadah berisi ayam, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng.
3. Ambil ayam, guling2kan ke tepung bumbu, celup bolak balik ke air (air di wadah ayam). Guling2kan ke tepung bumbu sambil ayam diremas2 sampai membentuk serat. Goreng sampai kecoklatan, balik sekali saja, angkat, tiriskan.
Note : 
- Kalau mau berserat banget tepungnya, ulagi aja nyelupin ayam di air, terus guling-gulingin lagi sambil diremas pake kelima jari ayamnya. 

Semoga bermanfaat...

Rabu, 26 Juli 2017

Kepala Ikan Nila Masak Acar Kemangi

Assalamualaikum..
Akhirnya,kesentuh lagi blog ini. Rasanya merasa bersalah banget nggak pernah nulis disini, padahal resep sudah banyak di instagram. Cuma, malasnya itu lho, huhu. Maafkan ya teman-teman.....

Sebenarnya resep ini sudah saya buat sebelum hari raya, satu itu beli ikan nila segar yang baru keluar dari kolam pancing tambang pasir. Suami maunya badan ikan di goreng aja, terus ulin sambel gitu sama lalapan. Akhirnya kepala ikannya saya bikin acar kemangi. Alhamdulillah, nikmat....

KEPALA IKAN NILA MASAK ACAR KEMANGI
Bahan :
3 kepala ikan nila
Segenggam daun kemangi
1 buah wortel, potong korek api tebal
2 buah mentimun, buang isi, potong korek api tebal
2 gelas air
3 sdm air asam
Garam,gula, kaldu bubuk secukupnya
3 sdm minyak goreng

Bumbu uleg :
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
3 kemiri
2 cabe merah
3 cabe hijau
6 cabe kering
Satu ruas jahe
Satu ruas kunir/kunyit
Ketumbar secukupnya

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu uleg sampai harum. Masukkan air,tutup sampai mendidih.
2. Masukkan wortel, gula, garam, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
3. Masukkan kepala ikan nila, mentimun dan air asam. Tutup.
4. Masukkan kemangi, aduk. Jika sudah matang,angkat, hidangkan.

Senin, 10 April 2017

Resep Ayam Goreng Ketumbar Tepung Tipis


Ceritanya, kapan hari lihat postingan mbak Olen alias simbok bikin ayam goreng tepung tipis. Bahannya simpel banget cuma 4 bumbu tanpa ketumbar. Atas nama penasaran, akhirnya tadi pas banget beli ayam setengah kilo. Bingung mau diapain, tapi mendadak inget ayam gorengnya mbak Olen. Ya udah akhirnya saya bikin. Karena saya suka banget sama ayam yang di bumbuin pakai ketumbar, jadilah Ayam Goreng Ketumbar Tepung Tipis. Ya karena tepung yang nempel ke ayamnya tipis banget. Soal rasa, ehm.....enak bangeeetttt 😘😘.

Bahan :
500 gr daging ayam
2 sdm tepung tapioka
Minyak goreng

Bumbu uleg :
4 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 sdm ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan ayam yang sudah dibersihkan.
2. Tambahkan bumbu uleg dan tepung tapioka, aduk rata. Diamkan 15 menit.
3. Goreng ayam dengan api sedang, jika satu sisi sudah berwarna coklat keemasan, balik.
4. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat...