Senin, 10 April 2017

Resep Ayam Goreng Ketumbar Tepung Tipis


Ceritanya, kapan hari lihat postingan mbak Olen alias simbok bikin ayam goreng tepung tipis. Bahannya simpel banget cuma 4 bumbu tanpa ketumbar. Atas nama penasaran, akhirnya tadi pas banget beli ayam setengah kilo. Bingung mau diapain, tapi mendadak inget ayam gorengnya mbak Olen. Ya udah akhirnya saya bikin. Karena saya suka banget sama ayam yang di bumbuin pakai ketumbar, jadilah Ayam Goreng Ketumbar Tepung Tipis. Ya karena tepung yang nempel ke ayamnya tipis banget. Soal rasa, ehm.....enak bangeeetttt 😘😘.

Bahan :
500 gr daging ayam
2 sdm tepung tapioka
Minyak goreng

Bumbu uleg :
4 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
1 sdm ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Siapkan wadah, masukkan ayam yang sudah dibersihkan.
2. Tambahkan bumbu uleg dan tepung tapioka, aduk rata. Diamkan 15 menit.
3. Goreng ayam dengan api sedang, jika satu sisi sudah berwarna coklat keemasan, balik.
4. Jika sudah matang, angkat dan sajikan.

Semoga bermanfaat...

Senin, 03 April 2017

Resep Tumis Manisah Cabe Hijau

Assalamualaikum....
Saya paling suka tumis yang menggunakan cabe hijau banyak,rasanya selalu menggugah selera. Berhubung stok sayur di dapur tinggal manisan satu biji,akhirnya saya olah jadi tumis manisan cabe hijau. Ohya, nama lain manisah itu labu siam.

Bahan :
1 buah manisah, iris korek api, beri garam, remas-remas sampai layu. Bersihkan
2 daun bawang, iris tipis
6 cabe hijau, iris serong
1 cabe merah, iris serong
3 sdm minyak goreng Garam, gula, kaldu bubuk, merica secukupnya
1 ruas lengkuas,geprek

Bumbu uleg kasar :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu uleg, cabe hijau,cabe merah dan lengkuas sampai harum.
2. Masukkan manisah, aduk rata.
3. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk dan merica. Aduk, masukkan irisan daun bawang, koreksi rasa.
4. Jika manisah sudah matang (layu dan tidak keras), angkat, hidangkan.


Taraaa, sudah jadi. Dinikmati sama nasi pulen, ikan asin dan sambal tomat,hmmm...
Selamat mencoba

Kamis, 23 Februari 2017

#wajanngebut : Semur Telur Kentang Bumbu Easycook

Yuhu, ketemu lagi dengan postingan #wajanngebut. Kali ini saya mau masak simpel pakai banget, pokoknya #wajanngebut bangetlah hehe. Masak telur kentang bumbu semur. Kalau boleh jujur, saya baru tau bumbu semur sebenarnya ketika berada di Subang. Bumbu semur sebenarnya adalah bumbu semur dengan banyak rempah. Karena kalau di tempat saya, di Jombang. Bumbu semur itu simpel banget, seperti sop tapi diberi kecap manis, jadi warnanya agak kecoklatan.

Pertama kali tau rasa bumbu semur ketika beli nasi uduk, pas banget lauknya ada semur telur dan jengkol. Rasanya enak bangeeet. Kedua kalinya beberapa waktu lalu saya beli lauk jadi, hanya terong di bumbu semur. Ya ampun, ternyata nggak kalah enak, enak banget.

Kebetulan di Subang hujan terus, jadi sering nggak jadi ke pasar. Kadang ngandalin ibu penjual sayur keliling, tapi berhubung hujannya sering pagi jadi absen jualan. Untung di rumah selalu nyetok telur, jadi nggak bingung kalau tiba-tiba hujan datang. Pas banget ada bumbu instan semur easycook, jadi langsung deh eksekusi.

Semur Telur Kentang Bumbu Easycook
Bahan :
4 butir telur rebus
6 butir kentang kecil rebus
2 sdm bumbu semur easycook
2 sdm minyak goreng
1 gelas air
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu, masukkan air, tutup.
Masukkan telur, kentang rebus dan kecap. Koreksi rasa.
Jika air sedikit surut, matikan api, angkat lalu sajikan.

Baca juga ya #wajanngebut di Dapur Merebutnya mak Inna Tomyam Praktis dengan Bumbu Easycook

Tentang Bumbu Instan Easycook
Bagi ibu2 yang punya anak balita seperti saya, masak cepat tapi enak itu jadi PR sendiri setiap hari. Salah satu manfaat bumbu instan adalah untuk membantu dan mempermudah ibu rumah tangga dalam memasak. Betul nggak??betullll banget, kata saya hehehe.

Bumbu Easycook adalah bumbu instan dengan bahan pilihan terbaik, no MSG dan halal tentunya. Ada banyak pilihan, seperti bumbu opor, tumis, semur, asam pedas, tomyam, soto dll. Satu kemasan bumbu easycook bisa untuk masak banyak, jadi nggak perlu banget repot. Contohnya, satu kemasan bumbu semur bisa untuk memasak satu ekor ayam. Banyak kan??jadi jauh banget dari kata repot.

Pesannya dimana?
IG : @bumbueasycook
FB : Bumbu Easycook
Tlp : 0896 9669 5350

Teman-teman ada yang pernah masak pakai bumbu easycook??ayo dong sharing...

Minggu, 05 Februari 2017

#wajanngebut : Nasi Goreng Sambel Roa

Ceritanya kemarin sore cuaca rada mendung, berhubung sayurnya habis tinggal nasi sama sisa telur dadar saja. Atas nama sudah mulai lapar, akhirnya punya ide bikin nasi goreng sambel roa. Pertama kali incip sambel roa tahun 2013, itupun baru tahu kalau roa adalah nama ikan.

Nasi goreng pakai bumbu sambel roa judes aja rasanya udah enak banget, ikan roa nya terasa saat dikunyah. Bagi yang suka pedas, resep dibawah ini bisa ditambah sambal roanya, pokoknya dikira-kira aja. Tapi buat saya, satu sendok makan sudah cukup pedas. Bener-bener bikin lambe ndoweh (kata orang Jawa), gara-gara kepedesan hehehe.

Baca juga : #wajanngebut Terong Bakar Sambel Roa

Ohya, for your information. Sambel Roa adalah salah satu sambal khas daerah Manado dan sekitarnya. SambelRoaJudes dibuat dengan cabai, bumbu pilihan dan yang khas adalah ada ikan roanya. Dulu, kalau pingin sambel roa harus ada saudara atau teman yang pergi ke Manado untuk nitip, tapi sekarang sambel ikan roa judes setiabudi sudah dipermudah. Karena sambel roa bisa di dapatkan dengan mudah. 
Bahan :
1 piring nasi
Dadar telur secukupnya
1 sdm margarin
Sejumput garam

Cara membuat :
Panaskan margarin, masukkan dadar gulung, otak arik sampai hancur.
Masukkan nasi, aduk.
Masukkan sambal roa dan garam, aduk rata.
Koreksi rasa, jika sudah pas, angkat, sajikan.

SAMBEL ROA Judes Setiabudi
IG : @roajudes_setiabudi
WA : 0813-1022-2796

Selasa, 31 Januari 2017

Widaran

Assalamualaikum...
Gara-gara lihat widarannya kaka foodblogger favorit Aayudiah Respatih di IG, mendadak pingin ngunyah. Akhirnya ubek-ubek lemari dan nemu tepung sagu "tani", yeay!! Resep aslinya silahkan mampir di IGnya teh Ayu, yang ini beberapa bahan saya skip, soalnya nggak ada. Soal rasa, suer....nggak rela bagi-bagi hehe.

WIDARAN / TELUR GABUS
Bahan :
150 gr tepung sagu 1 butir telur, kocok lepas
1/4 sdt garam
70 gr keju cheddar, parut
30-40 ml air hingga adonan bisa dibentuk
Minyak goreng

Cara membuat :
Campur tepung sagu, garam, parutan keju, aduk rata.
Buat lubang ditengahnya, masukkan telur dan air.
Uleni sampai adonan bisa di bentuk.
Siapkan minyak goreng dingin di wajan.
Ambil sedikit adonan, bentuk memanjang dan runcing kedua sisinya.
Masukkan ke dalam minyak goreng.
Setelah cukup banyak, goreng dengan api sedang. Ulangi seterusnya sampai adonan habis.
Jika sudah matang, angkat, tiriskan.
Simpan di dalam toples.

Catatan :
- Saat membentuk adonan,pastikan memasukkan adonan ke minyak dingin.
- Jika ingin cepat, gunakan 2 wajan.
- Jangan biarkan adonan menumpuk banyak di minyak dingin, sesuaikan dengan banyaknya minyak.
- Gunakan api sedang, kalau pakai api besar bakal gosong dan adonan belum matang. 

Semoga bermanfaat...

Minggu, 15 Januari 2017

#wajanngebut : Ayam Cincang Bumbu Bistik

Assalamualaikum... Holaaa, hari ini spesial banget karena untuk pertama kalinya Hot Wajan duet masak gampang bareng Dapur Ngebut. Jadinya #wajanngebut ,Yeay...!!. Untuk kali ini, temanya "AYAM". Jadi, kira-kira ayamnya mau saya masak apa ya?.

Dapur Ngebut kali ini ayamnya diolah jadi Gulai Paha Ayam. Uwwww, sedapnyaaa. Nah, kalau saya pilihan jatuh ke resep dari ibu, Ayam Cincang Bumbu Bistik. Sebenarnya ibu saya sering bikin daging di bumbu bistik, tapi berhubung yang ada stok ayam jadi saya kepikiran untuk diolah jadi ayam bumbu bistik. Soal rasa, tetep maknyus, bumbu bistiknya enak bangettt. Serius.. ohya, ayamnya saya cincang ya, request suami hehe.

Untuk rasa bumbu bistik, biasanya manis. Biar lebih enak dan nendang, saya beri cabai merah, jadinya manis pedas. Bistik identik dengan warna gelap, jadi pemberian kecapnya sesuai dengan warna. Kalau 3 sdm kecap sudah berwarna gelap, ya cukup 3 sdm. Jika kurang bisa ditambah.

Bahan :
2 buah dada ayam, cincang sedang
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
2 buah kentang, potong jadi 4
3 sdm minyak goreng
2 gelas air
Kecap manis secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Merica bubuk secukupnya
Garam
Gula

Bumbu uleg :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah
3 buah kemiri
1 cm jahe

Cara Memasak :
Siapkan wajan, masukkan minyak goreng, bumbu uleg, ayam, daun salam dan jeruk. Tutup wajan, nyalakan kompor.
5 menit kemudian, aduk ayam dan bumbu.
Masukkan air, biarkan sampai ayam matang, empuk dan bumbu meresap.
Jika sudah mendidih, masukkan kentang, gula, garam, kaldu, merica dan kecap manis. Tutup wajan.
Sesekali aduk, agar matang merata. Koreksi rasa.
Jika air sudah surut, angkat, sajikan.

TIPS memasak ayam bumbu bistik di pagi hari
Tips ini untuk ibu rumah tangga yang kerja di luar rumah tapi tetap ingin memasak sarapan atau bekal untuk keluarganya.
1. Siapkan bumbu dan bahan di sore hari
Setelah bumbu di uleg/blender, bahan dicuci bersih, simpan di lemari pendingin.
2. Memasak lebih cepat dan praktis
Tidak perlu mengupas bawang dan lain sebagainya. Tinggal mengeluarkan bahan dan bumbu. Nyalakan api, siap masak. Sambil menunggu ayam matang, kita bisa memasak sayur di tungku sebelahnya. Tidak butuh waktu lama, sarapan dan bekal untuk keluarga sudah siap dalam waktu sekejap.

Sampai jumpa di #wajanngebut selanjutnya...
Semoga bermanfaat

Jumat, 06 Januari 2017

Bakmi Goreng Udang

Halo, akhir-akhir ini mendadak hujan setiap hari, padahal sejak pertengahan akhir tahun cuacanya panas terus. Malam hari punya planing segudang untuk esok hari, tapi kalau tiba-tiba pagi udah diguyur hujan, mau nggak mau rencana tinggal rencana. Bubar semua rencananya, alhasil malas bangkit dari kasur dan masak, hohoho.

Atas nama malas masak, akhirnya makan siang jatuh pilihan ke masak-masak santai. Yaitu masak bakmi, untung persediaan Bakmi Mewahrasa masih ada dua. Jadi, dengan rasa malas, lapar tapi pingin makan enak. Saya eksekusi deh bakmi mewahnya, sementara si kecil aman sama bapaknya. Tapi, sebelum saya bangkit dari kasur, tiba-tiba suami nyeletuk. "Ibu, bikin bakminya yang enak ya...". Errrr....tantangan banget nih, udah hujan, malas gerak disuruh masak enak.

Pas banget suasananya hujan, paling enak santap yang pedas. Karena menyantap menu bakmi yang seperti biasa sudah bosan, tidak ada salahnya bikin kreasi bakmi yang menggoda lidah. Saya mau bikin bakmi goreng udang. Bumbunya cuma empat, jadi simpel banget nggak pakai ribet. Kali ini saya coba kreasikan bumbu char dengan Bakmi Mewahrasa. Sayurnya saya pakai wortel saja, apa yang ada di rumah.

Ohya, buat pecinta pedas. Menu ini bisa dicoba ya, karena hanya dengan 6 buah cabe kering, sudah lumayan pedas, pingin nambah lagi dan lagi. Yaaa, setara dengan mie setan level 2 hehehe. Ya ampun,cuma level 2???ya, kalau kurang pedas bisa ditambah. Cocok banget dinikmati ketika hujan. Yuk ah mari berkreasi....

BAKMI GORENG UDANG

Bahan yang di perlukan:
1 kotak Bakmi Mewahrasa
Air secukupnya untuk merebus mie
3 sdm minyak goreng
1 buah wortel, iris korek api tipis
1 buah cabe hijau, iris serong
50 gr udang segar
Merica secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
6 buah cabe kering, rendam air hangat, tiriskan
4 siung bawang putih
50 gr ebi
1 sdt garam

Cara membuatnya :
Buka kemasan Bakmi Mewah, sisihkan kecap, minyak, sambal dan daging ayam.
Panaskan air sampai mendidih. Rebus mie dan daun bawang kering ke dalam air mendidih selama kurang lebih 3 menit.
Setelah direbus kurang lebih 3 menit, tiriskan mie dan daun bawang.
Tuang kecap dan minyak, aduk rata. Sisihkan.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus dan cabe hijau hingga harum.
Masukkan wortel, aduk sampai matang.
Tambahkan udang, aduk hingga berubah warna.
Masukkan Bakmi Mewah, sambal, daging ayam dan merica. Aduk semua bahan tercampur rata dengan bumbu. Angkat, sajikan.

Cuaca masih mendung,bakmi goreng udang sudah matang, waktunya makan siang. Tapi belum bisa langsung di nikmati, harus di abadikan dulu dong, secara masak enak dan biar nggak dibilang hoax hehehe. Dari aromanya bener-bener menggugah selera, uwww..... sambil motret, sesekali nyendokin yang di piring. Teksturnya lembut, licin, kenyal dan juicy banget saat dinikmati. Ketika saya aduk mie setelah direbus, saya sempat mbatin, "wa, mienya kelihatan kenyal dan bagus nih". Ternyata beneran, tekstur mienya lembut, kenyal dan bisa di sluurpppttt lo, mungkin karena licin ya mienya hehehe.

Ohya, setelah motret dan mengabadikan bakmi goreng udang. Waktunya menikmati bakmi mewah goreng udang, sambil ngobrol sama suami, sesekali saya mencari daging ayam yang katanya ASLI bukan bohongan. E eh, ternyata beneran lo daging ayam ASLI dan jamur yang teksturnya lembut banget. Secara keseluruhan, bakmi goreng udangnya enak bangettt. "Bapak,challenge accepted ya...!!!".

Fyi, teman-teman udah tau belum kalau Indonesian Foodblogger sedang ngadain challenge kreasi Bakmi Mewah??challenge ini akan berakhir tanggal 11 januari 2017. Yuk ikutan, hadiahnya keren banget....kamera mirrorless,uww..

Resep ini recommended banget buat yang suka Bakmi Mewah tapi bosan dengan menu biasa, jadi tunggu apalagi, yuk kreasikan Bakmi Mewah mu!!

Semoga bermanfaat...^^