Rabu, 25 Februari 2015

Resep Lodeh Campur Pete Sip Markusip


Bismillahirrahmaanirrahim..
Pete, hehehe...iya, kemarin suami request sayur lodeh campur pete. Sepulang dari pasar suami sempat cerita kalau dulu sering banget dimasakin ibu sayur lodeh tahu tempe kentang, biasanya kan sayur lodeh itu isinya ada tahu tempe, kacang panjang dan terong. Tapi ini beda, tanpa terong, jadi sayur lodeh tahu tempe kentang dan pete hehehe. Kalau ibu saya, biasanya sayur lodeh campur pete ini untuk kuah lontong, sambal kecap plus kerupuk uyel, sluurpptt, ah...nikmatnya. Nah, kalau ibu mertua biasanya cuma masak  sayur lodeh campur sama sambal tomat, nasinya nasi tiwul hehehe. Yuk, ah intip resepnya..
 Bahan :
2 buah kentang, iris dadu, goreng setengah matang
1 papan tempe, iris dadu, goreng setengah matang
4 buah tahu, iris dadu, goreng setengah matang
5 buah pete, belah jadi dua
3 cabe merah, iris tipis serong
3 cabe hijas, iris tipis serong
1 ikat kacang panjang, potong 5 senti
1 bungkus santan (ukuran 1 gelas belimbing)
2 daun salam
2 daun jeruk
1 sereh, geprak
4 gelas air
Garam
Gula
2 sdm kecap manis 


Bumbu ulek kasar :
8 bawang merah
4 bawang putih
10 cabe rawit
4 kemiri
1/5 sdt ketumbar
1 ruas kunir

Cara memasak :
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu ulek, cabe merah, cabe hijau, daun salam, daun jeruk, sereh dan pete sampai harum.
Tambahkan, garam, gula dan air tunggu sampa mendidih.
Masukkan kacang panjang, tahu, tempe, dan kentang.
Masukkan santan, aduk tunggu sampai matang.
Terakhir masukkan kecap manis, aduk lalu angkat.


Sayur lodeh kok pakai pete???duh mak, tau nggak, saya itu paling suka sama aroma pete kalau ditumis, suer, harumnya sedep bangetttt. Sayur lodeh campur pete sudah matang, dinikmati sama ikan pindang goreng tepung plus sambal tomat, masya Allah, nikmatnya luar biasa, nambahhhh hahahaha. Ohya, saya kemarin bikin banyak, kebetulan lama nggak bikin lodeh, kira-kira 5 bulanan, jadi kangen gitu hehehe. Terobati sudah kangennya, alhamdulillah...
Semoga bermanfaat..^^


****

12 komentar:

  1. Sayur lodeh campur pete emang enak, apalagi kalau makannya sama sambal dan ikan asin.. wiiiih sambil ditemani semilir angin di pematang sawah :D

    BalasHapus
  2. Di blakang rmh ada pete, gak pernah makan aku, gak doyannn. Coba deh hot wajanmu ini kirim ke liputan 6 mbak. Kmarin aku mention kmu deh di fb

    BalasHapus
  3. wah enak banget nih mak...pake lontong makannya

    BalasHapus
  4. Aku juga baru nyayur lodeh pakai pete.

    BalasHapus
  5. Rasanya mantap. Kalau pete mah doyan banget. Tapi kalau jengkol, nggak banget.

    BalasHapus
  6. bagi yang doyan pete ini enak bingits. Tapi aku kok sampe sekarang nggak doyan pete ya...

    BalasHapus
  7. lode itu favorit gue bro sebenernya, catet resepnya ya :)

    BalasHapus
  8. Beneran sip markusip inih, kalaaaap dah klo makan pake ini *lempartimbangan :D

    BalasHapus
  9. sip bangeeeet kalau pakai pete mak :)

    BalasHapus
  10. Bikin ngiler aja ni gambar :D

    BalasHapus
  11. Sluuurp sedap dicampur lontong

    BalasHapus