Kamis, 06 Agustus 2015

Peyek Kacang Hijau

Assalamualaikum....
Ketika melihat blog ini, rasanya bersalah banget, lama banget nggak posting resep. Maafkan, karena berbulan-bulan libur masak,mood memasak hilang,lihat dapur dan bau bumbu dapur rasanya eneng banget hehehe. Tapi alhamdulillah, berangsur-angsur mood memasak yang dulu hilang, mulai timbul hehehe. Sudah masak banyak, tapi seringnya sayur yang berkuah, seperti sayur sop, sayur bening, dan sayur asem. Lauknya kadang ikan, tapi seringnya tahu tempe, kata ibu kedai, "Orang Jawa ini nggak bisa makan tanpa tahu tempe ya...hehehehe". Sangking seringnya saya pesan tahu tempe hehehe, yaa begitulah. 

Ceritanya, H-1 lebaran saya dan suami cari kue, bukan buat suguhan (lha wong nggak punya tamu hehehe), jadi buat makan sendiri. Nggak dapet kue, jadinya beli kerupuk ikan, minuman dan keripik tempe. Cari peyek kok nggak ada, udah habis ludes pokoknya. Akhirnya nggak kesampaian menikmati ayam lodho pakai peyek pas lebaran. Nah, kemarin tetiba suami pingin beli peyek di pasar, lha kok mahal banget ya, dikit pula. Atas nama nggak tega, akhirnya saya mengajukan diri buat bikin sendiri. Kebetulan stok kacang tanah nggak ada, adanya kacang hijau. Pas banget keingetan mbak Noorma bikin peyek kacang hijau, akhirnya lihat resepnya. Baca resep di blognya, inti dari bahannya sudah dicatat, akhirnya kemarin eksekusi deh di dapur dengan sedikit modifikasi. Ohya, resep aslinya disini ya. Seperti biasa, karena saya malas ngeluarin timbangan, jadinya takarannya suka-suka hahaha.

peyek kacang hijau

Bahan yang diperlukan :
3 genggam kacang hijau, rebus 10 menit, angkat, tiriskan
15 sdm muncung tepung beras
5 sdm muncung tepung tapioka
1 butir telur ayam
2 atau lebih air (sekiranya sampai adonan encer)
1 liter minyak goreng

Bumbu yang dihaluskan :
4 bawang putih ukuran besar
4 kemiri
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya 

Cara membuatnya :
Siapkan wadah, kocok telur sampai berbusa, masukkan bumbu halus, tepung beras, tepung tapioka. Tambahkan air, aduk sampai encer (hati-hati saat menuang air, tkutnya kebanyakan).
Panaskan minyak goreng, masukkan kacang hijau ke adonan peyek, sesekali aduk agar bumbu tercampur.
Jika minyak sudah panas, ambil adonan menggunakan sendok sayur, tempelkan pelan-pelan ke wajan. Sesekali siram peyek dengan minyak agar turun, balik peyek, jika sudah matang atau berwarna keemasan, angkat lalu tiriskan.

peyek kacang hijau

peyek kacang hijau

Alhamdulillah, peyeknya gurih dan renyah. Enak bangetttt, kalau ditambahin daun jeruk makin wangi, karena berhubung nggak ada stok daun jeruk, jadi diskip aja.
Silahkan dicoba ya, enak bangetttt ternyata, kriuk kriukkkk.....


****

30 komentar:

  1. ternyata bumbunya sederhana ya, suka banget peyek kacang hijau/tanah bikinan mertua biasanya pakai daun jeruk juga :)

    BalasHapus
  2. Peyek..Daku suka peyek, tapi paling suka yang peyek teri. Trimester pertama hingga memasuki trimester kedua saya juga mual Mbak. Cium bau yang nyengat dikit mual, bahkan parfum yang saya sukai pun mendadak bikin mual. Dan suami pun harus sering berganti pakaian..hihihi..*malah curhat

    BalasHapus
  3. Peyek kacang ijo kesukaan bapakku nih Mbak :D
    Duh kalau mau buat ini butuh tenaga ekstra ya Mbak, keringat bercucuran. Hihihi. Soalnya gorengnya lama. Sekali buat langsung buat setoples gedhe. Hihihi.

    BalasHapus
  4. Waahh... Enak banget itu, mbak.. Coba pake kacang kedelai atau kacang lain, mbak..
    Makasiih ya mbak

    BalasHapus
  5. enak sekaliiii..aku selalu gagal buat rempeyrk mbak..selalu tebel dan lekas mlempem...

    BalasHapus
  6. sebagai orang jawa , sering banget bikin peyek..
    cuma lebih seneng peyek kacang, sama rebon (baby udang :v)

    kalo peyek kacang ijo sama kedelai kesukaan bapaku

    BalasHapus
  7. Kriuk...kriuk mak, enaaaak :)

    Saya lebih suka peyek kacang, favorit!

    BalasHapus
  8. waah ini yang bikin ngiler, persis bikinan almarh.eyang purtri yang piawai bikin nih rempeyek.Hikss

    BalasHapus
  9. Aku seneng banget peyek yang pake daun jeruk waginya. Tapi lebh suka ynag kacangnya pake kacang tanah

    BalasHapus
  10. akhirnya diupdate jugaaaa. Ditungguin lama kok nggak segera nongol sih.
    Curiga deh yang "eneg bau bumbu dapur". hamil ya (langsung tembak aja gak perlu basa-basi)

    BalasHapus
  11. Aku pikir kacang hijau cuma enak dibuat bubur aja, ternyata enak juga dibuat peyek.. Kriuk

    BalasHapus
  12. uuu.. saya suka banget peyek, tapi belom pernah kalo yang kacang ijo :)

    BalasHapus
  13. Aku juga lebih suka peyek kedelai atau kacang ijo, gak pernah suka peyek kacang :D

    BalasHapus
  14. mak Hana keren bisa bikin rempeyek, secara membentuknya aja kayaknya susah hehe

    BalasHapus
  15. Guriiih...tapi aku belum pernah berhasil bikin rempeyek sendiri.
    Seringnya beli aja :)

    BalasHapus
  16. Aduh, gigiku tidak kuat ngunyah jika pakai kacang hijau. Aku sukanya pakai kacang tanah. Maklum gigi bisa dihitung jumlahnya :)

    BalasHapus
  17. Peyek gurih dan renyah: sungguh ini membuatku kepengin banget :)

    BalasHapus
  18. Ini salah satu makanan wajib di rumah mamah apalagi kalau lebaran. Kalau saya lebih suka pakai kacang tanah dibanding kacang hijau. Di banten sini namanya kulit suku. hehe

    BalasHapus
  19. Mba, aku blm pernah bikin peyek sendiri.
    Nyontek ah klo nanti bikin.

    BalasHapus
  20. kalau saya suka peyek teri tp ga bisa bikinnya heheh

    BalasHapus
  21. saya suka foto2nyaaaaaa... *salah fokus gak ya?*

    BalasHapus
  22. Wah baru tau kali ini, bahwa bisa menggunakan kacang hijau. kalau di daerahku, menggunakan kedelai atau udang. bahkan laron

    BalasHapus
  23. asyik banget ih, mkn peyek krauk2...

    BalasHapus
  24. enakkkkk... !makan'y pke makanan berkuah,panas nan pedas,makin nampol deh!heee...

    BalasHapus
  25. kressss renyah pas digigit dari fotonya.. makasih resepnya mak..

    BalasHapus
  26. Mau cobaaa aah.. Kayaknya enaaak bangeet

    BalasHapus
  27. suka sama fotonya. gelap2an jd keliatan jelas rempeyeknya *nyomot satu*

    BalasHapus