Senin, 03 Oktober 2016

5 Peralatan Masak yang Ada di Dapur Hot Wajan

5 Peralatan Masak yang Ada di Dapur Hot Wajan. Ngomongin soal blog Hot Wajan, tentunya nggak jauh dari ngobrolin masalah dapur dan seisinya. Karena blog ini khusus membahas dan mengulas tentang berbagai resep yang saya coba di dapur. Ya…meskipun hanya masak sederhana belum yang sampai masakan luar negeri yang yahud-yahud tapi setidaknya saya sdah bia masak sayur lodeh hehehe. Kira-kira di dapur Hot Wajan ada apa aja sih?sebenanrnya nggak banyak peralata memasak seperti teman-teman pada umumnya, maklumlah saya kan sering bolak-balik dan tinggal dimana-mana.Jadinya yang ada di dapur hanya beberapa peralatan masak yang sifatnya umum. Seperti peralatan untuk menggoreng lauk, mengukus singkong, merebus air dan bikin telur mata sapi, hehehe. Yuk ah intip kira-kira peralatan masak apa aja yang ada di dapur Hot Wajan..

5 Peralatan Masak yang Ada di Dapur Hot Wajan
1. Kompor Peralatan nomor satu yang wajib ada nih di dapur Hot Wajan, yaitu kompor. Saya hanya punya kompor satu tungku, maklum anak kontrakan jadinya pas beli pilih yang ini.Meskipun pagi-pagi lumayan ribet bikin sarapan dan bekal makan siang untuk suami, tapi dengan kompor satu tungku, semuanya masih bias teratasi. Kok bisa?kuncinya masak cepat adalah, persiapkan bahan-bahan masakan yang akan dimasak di pagi hari sehari sebelumnya alias di sore hari. Jadi paginya tinggal tumis atau tinggal panasin sambal. Gampang kan??.
 2. Wajan Saya punya dua wajan, yang satu khusus untuk menggoreng dan satunya lagi untuk menumis dan membuat sayur yang beruah. Tapi yang di Siak saya hanya punya satu wajan yang dibuat menggoreng dan menumis sekaligus. Untung wajannya nggak nempel, kadang ada tipikal wajan yang suka menempel stelah dipakai untuk menumis sayur.
3. Panci Panci yang ada di dapur Hot Wajan adalah panic yang untuk mengukus juga. Jadi satu paket, ada saringannya untuk menarus bahan makanan yang akan dikukus. Karena ada panic yang hanya untuk merebus dan memasak sayur, jadi nggak pakai saringan.
4. Wajan serbaguna Wajan serbaguna ini fungsinya benar-benar sangat serbaguna. Ohya, wajan serbaguna ini biasanya disebut wajan tempura, mungkin karena bentuknya yang cekung dan jika untuk menggoreng minyaknya harus ganyak. Seperti menggoreng tempura, minyaknya kan harus banyak, eh bener nggak ya?hehe. Wajan serbaguna ini saya dapat dari hasil undian waktu acara gathering di kantor suami, bukan dari menang Voucher Belanja Online yang mana kita bias mempergunakan voucher tersebut untuk belanja. Ohya, wajan serbaguna ini bias untuk banyak hal, seperti menggoreng tanpa minyak, menggoreng dengan minyak banyak, mengukus bahkan terakhir kalinya saya gunakan untuk mengoven roti manis. Jadi, wajan serbaguna ini cocok banget buat ibu rumah tangga yang mendambakan oven tapi belum keturan beli oven hehe.
 5. Teflon Teflon ini juga saya dapat dari hasil undian waktu acara gathering di kantor suami, bukan dari menang Voucher Belanja Online juga lo ya, hehe. Hadiah satu paket dengan wajan serbaguna. Biasanya Teflon ini saya gunakan untuk membuat kulit lumpia atau risoles, membuat pancake. Ohya, kalau membuat pancake pakai teflon ini saya nggak pakai minyak atau margarin, Karena teflonnya jenis teflon anti lengket. Ohya,kalau teman-teman kalau bingung mau cari peralatan masak, bolehlah intip-intip di MatahariMall.com.
Ternyata cuma lima peralatan masak yang ada di dapur Hot Wajan…

Kalau di dapur teman-teman ada berapa peralatan wajib memasak??

5 komentar:

  1. Saya yang gak ada itu cuma oven Mbak. Ntahlah masih males sekali, gak begitu hobi bikin kue Mbak :(

    BalasHapus
  2. Cuma 5 peralatannya aja segitu produktif. Lha dapurku penuh peralatan (banyaknya warisan mama, hehe), tapi gak produktif masak memasak. :D

    BalasHapus
  3. Sejujurnya ada kebanggan tersendiri bagi seorang suami ketika istrinya jago masak dan bikin kue. Kalo saya liat2 istri saya ga terlalu punya keahlian masak tapi saya bilang harus lebih sering tersenyum biar masakannya enak. Dan bener ternyata :-)

    BalasHapus
  4. wajan buat goreng sama wajan buat nyayur itu kudu dipisahin ya, kalau eggak mau gorengannya lengket

    BalasHapus
  5. Cukup 5 yang utama, ya mak.
    Inget pas merantau juga cuma bawa alat masak seperlunya. Sekarang udh di rumah sendiri malah dpt hibahan dr mami n mamah mertua. Jadi banyak, alhamdulillah :)

    BalasHapus