Selasa, 06 Februari 2018

Pempek Dos

Assalamualaikum... siapa disini yang suka pempek?hati angkat tangan?saya!!. Tanya sendiri jawab sendiri hahaha. Kapan hari, pas bubuky tidur pagi, gara-gara hujan jadi ngantuk deh. Saya nggak bisa tidur, akhirnya beberes baju dan mainan bubuky. Eh, habis itu saya lihat isi kardus ada aneka tepung bumbu dari Dapur Acine. Salah satunya Tepung Kanji Acine. Cari ide, akhirnya punya kekuatan *ceilah* untuk bikin pempek.

Kebetulan dulu sering banget bikin pempek dos, jadi sudah taulan gimana caranya. Enaknya pakai Tepung Kanji Acine ini lebih praktis, karena bumbu sudah ada, tinggal nyiapin terigu, air dan telur aja. Tuh kan, nggak ribet ya.. Hasilnya, hmmm...lembut bangetttt. Saya suka saya suka... Kalau hasil masak memuaskan dan jauh dari perkiraan itu rasanya sesuatu. Saya udah mikir yang nggak-nggak diawal, tapi pas jadi dan dirasain, aduh lembut banget. Pas...

Pempek Dos (pempek tanpa ikan)
Bahan :
200 ml air (secangkir)
90 gr terigu
1 bungkus tepung Kanji Acine
1 butir telur
2 butir telur, kocok (untuk isian)
Air panas

Cara membuat :
Panaskan air dalam panci. Masukkan terigu sedikit demi sedikit,sambil terus diaduk hingga adonan mengental, matikan api. Jika adonan sudah hangat, tuang ke wadah. Masukkan telur, aduk. Masukkan tepung Kanji Acine, uleni. Siapkan air panas di dalam panci. Lumuri tangan dengan tepung, ambil adonan secukupnya, pipihkan, bentuk bulat cekung, alu beri isi, tutup lalu masukkan ke dalam air panas. Ulangi sampai adonan habis.

Cuko
Bahan :
175 gr gula merah,iris
800 ml air
Sedikit asam jawa

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
2 sdm ebi,rendam air panas,tiriskan
7 cabe rawit

Cara membuat :
Rebus asam, gula merah dan air. Saring lalu rebus kembali sampai mendidih. Masukkan bumbu halus, masak Cuko sampai matang.

Buat yang pingin tau produk tepung berbumbu Acine, bisa langsung ke instagramnya ya di @dapuracine. Disana banyak macam varian tepung, jadi bisa beli banyak varian.

Teman-teman, ada yang suka pempek??

4 komentar:

  1. Jadi pempek dos itu pempek tanpa ikan ya, Mbak...
    Dulu di Jombang, saya belum pernah punya pengalaman makan pempek. Setelah tinggal di Jogja, baru merasakan... ooo begini ta enaknya pempek. Ancene enak rek, apalagi dipadu dengan kuahnya yang rada pedas agak asam, hmmm.... mantaps...

    BalasHapus
  2. Aku penggermar berat pempek, yuhuu seneng banget dapat tips gini.

    BalasHapus
  3. Klo dipakein ikan tenggiri bisa juga kaki ya mba

    BalasHapus
  4. Klo dipakein ikan tenggiri bisa juga kaki ya mba

    BalasHapus