Rabu, 10 April 2019

Roti Isi Kacang Hijau

Assalamualaikum.. Kapan hari saya iseng dong bikin roti. Nganggur banget, habis main sama Bubuky, eh kepikiran bikin roti. Sekalian mau nyobain oven barunya #hotwajan #bukanwajanbiasa dari @mitoelectronic_id. Yeay..  Alhamdulillah, rotinya enak bangetttt. Yang bikin hati bahagia, Bubuky langsung habis 2 lho, alhamdulillah.

Sengaja bikin banyak 500 gram, karena sekalian besoknya pas mau ke Kediri. Dibawain roti aja. Ohya ini kali pertama saya bikin roti pakai kentang, hasilnya lembut empuk banget. Suka banget sama resep ini. Resepnya dari mbak saya yang sering dapet pesanan di kampung hehe.

Ohya, roti ini sempat saya uji coba wkwkwk. Saya simpan 2 cup selama 3 hari, eh masih empuk dan enak ternyata. Kapan kapan mau bikin lagi. 

ROTI ISI KACANG HIJAU
Bahan 500 gram terigu cakra
250 gr kentang rebus, haluskan
1 sdm fernipan
2 butir telur
200 gr gula pasir
150 gr margarin, cairkan
1/2 gelas susu (saya pakai susu segar)
Cup secukupnya
Margarin untuk olesan cup
Susu segar untuk olesan
Wijen untuk toping

Isian : Kacang hijau kupas, rebus, haluskan, masak dengan gula pasir.

Cara membuat :
- Telur dan gula mixer sampai mengembang.
- Kentang dan terigu aduk rata, masukkan kocokan telur.
- Tambahkan fernipan, uleni sampai kalis, sesekali tuang sedikit demi sedikit mentega dan susu.
- Diamkan kurang lebih 30 menit atau sampai mengembang.
- Bagi adonan kurang lebih 30-50 gr, bulatkan lalu pipihkan isi dengan kacang hijau, tutup rapat, bulatkan.
- Olesi cup dengan margarin, masukkan adonan ke cup, diamkan sampai mengembang.
- Panaskan oven dengan suhu 170' selama 10 menit. Gunakan api atas bawah.
- Panggang adonan kurang lebih 25 menit atau sampai matang.

Teman-teman, ada yang suka bikin roti? 

17 komentar:

  1. hi mak, kira2 kl gula pasirnya diganti dengan gula merah bisakah? dan untuk telornya, apakah harus telor ayam kampung atau bisa telor ayam negeri?

    BalasHapus
  2. Aduh aduh kebayang enak dan empuknya... Nanti kalau bikin lagi kirim ke sini ya :D

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya enak nih. Saya suka banget roti, tapi untuk bikin sendiri masih belom kepikiran. Belum apa-apa udah takut ngga bisa menguleni dengan benar, abis katanya kunci bikin roti supaya mengembang ada saat menguleni. Nanti deh, saya coba kumpulkan tekad dulu sebelum mulai baking roti hehee.

    BalasHapus
  4. Menul.. bubukyh enakkkknya.
    Aku blm punya alat utk bikin roti nih. Pdhl drmh gragas bgt dgn yg namanya roti. Aku save duluu resepnya pas kacang ijoo aku jg sukaa

    BalasHapus
  5. Aduh tiba2 hujan hujan gini aku laperr ama ngiler liat potonyaa

    BalasHapus
  6. Saya kalau ngeroti gagal melulu mbak ehehe. Tapi lihat ini kok kayaknya gampang dan mudah, save resep ah kapan2 eksekusi. Thanks resepnya mbaaakk

    BalasHapus
  7. Menul-menul gitu penampakan rotinya, jadi lapar baca malam-malam, hahahaa
    Aku udah lama nggak bikin jajanan gini, mbak. Kangen pengen baking lagi

    BalasHapus
  8. komposisi adonanya kayak bikin donat ya mbak, cuma ini dipanggang jadi roti

    BalasHapus
  9. Aku suka makan roti tapi ngga bisa bikin roti. Hehehe. Ovenku ajah, bingung mau kubuat apa, jadi ya cuma buat masak2 ayam daging ajah

    BalasHapus
  10. Aku pengen belajar baking gini tapi ndak ada oven di rumah jadi belum bisa panggang2 deh. Resepnya boleh juga nih mba... Macem bikin donat kentang gitu ya adonannya

    BalasHapus
  11. Aku senengnya pastry mbaa.. pakai yang adonannya udah jadi, tinggal isinya aja yang lain-lain

    BalasHapus
  12. Enaknyooo. Saya ampek sekarang belum berhasil kalo bikin roti.

    BalasHapus
  13. Aku penasaran sama oven mito ini mbak. Recommended ga? Terus harganya gimana?

    BalasHapus
  14. Kebayang empuk dan legitnya ya. Mertuaku pernah bikin roti pake kentang dan rasanya sedaaaap banget.

    BalasHapus
  15. ku suka isi kacang ijo, duh begitu menggoda lihat rotinya. Sukses mengembang dan empuk, yaa. Eh gimana sih mengupas kacang ijo? kan kecil-kecil

    BalasHapus
  16. Pagi-pagi liat kue menul begini jadi laper. Aku kalo buat roti kok bantet mulu sih mbak wwkk.. Kapan waktu mau coba deh

    BalasHapus
  17. Enak nih kalo besok puasa buat makan tengah malam pas mulai lapar tapi belum waktunya sahur. Simpen ah resepnya

    BalasHapus