Selasa, 09 Desember 2014

Tumis Pare

Dulu nggak suka sekarang nagih, apalagi kalau bukan pare. Yuhu, pertama kali kenal dan menginicipi tumis pare waktu ngajar di Malang. Setiap hari ibu kantin selalu jual lauk untuk guru, salah satunya ada tumis pare, nggak tau ya, nggak pahit gitu. Dan cocok banget dinikmati sama perkedel jagung atau mendoan, aduh pokoknya kalau ibu kantin bikin tumis pae selalu beli 5000, sekalian buat lauk makan malam hahaha. Nah, suami juga kebetulan suka banget sama pare, mau nggak mau saya juga ketularan suka. Akhirnya berhasil deh, setiap numis pare ukuran besar, selalu ludes hehe. Yuk, intip gosreng-gosreng tumis pare a la saya.
 Bahan :
1 buah pare
Gula 
Garam
Kaldu ayam *optional

Bumbu rajang :
6 buah bawang merah
4 buah bawang putih
2 buah cabe merah
3 buah cabe rawit

Cara :
Siapkan wadah, masukkan pare yang sudah diiris tipis, tambahkan garam, remas sampai layu dan bilas. Biasanya saya bilas 3-4 kali.
Panaskan minyak goreng, tumis bumbu, tambahkan garam, gula, kaldu ayam dan terakhir masukkan pare yang sudah di rajang tipis. 
Jika sudah matang, angkat, sajikan.
Ditambahi ikan teri juga tambah enak banget, berhubung nggak ada teri jadi pare ajalah. Dinikmati sama sambel trasi plus tahu tempe aja alhamdulillah banget nambah-nambah lo hahaha. Yang belum pernah nyoba makan pare, yuk ah dcoba, enak lo, nagih pokoknya. 
Silahkan dicoba, semoga bermanfaat^^.

Salam
~hot wajan~

2 komentar: