Senin, 23 Maret 2015

Bubur Ayam Kuah Soto

Bismillah...
Kapan hari kan saya bikin soto ceker, ternyata kuahnya masih lumayan banyak. Pas banget besok paginya mendadak saya pingin bubur ayam gitu hehe. Daripada beli mending bikin sendiri, begitulah kata suami, pas kebetulan juga ada kuah soto, sempat mbatin, enak kayaknya nih jadi kuah bubur ayam. Akhirnya browsing cara membuat bubur nasi, nggak usah bingung soalnya saya kalau browsing langsung nyelipin nama "Diah Didi", langsung deh dapat resep bubur nasinya. Resep bubur nasi aslinya silahkan lihat disini ya, takarannya saya kira-kira saja soalnya takut kebanyakan hehe.  Yuk ah, mari masak....

 Tadaaa...ini jadinya,tapi kita buat bubur nasinya dulu yuk^^
 Bahan Bubur Nasi:
1 cup beras
4 atau lebih gelas air matang
Garam secukupnya
3 centong kuah soto 
1 batang sere,geprak
1 ruas jahe

Bahan sajian :
Kol, iris halus
Toge
Ayam goreng iris
Kedelai goreng
Bawang goreng
Kerupuk udang
Sambal
Kecap manis

Cara memasak :
Rendam beras selama 1 jam
Masak air sampai mendidih,masukkan beras,sereh, jahe, garam dan kuah soto.
Aduk terus sampai kental dan menjadi bubur, angkat.

Cara Penyajian :
Siapkan bubur di mangkuk atau piring, tambahkan kol,toge dan ayam.
Siram dengan kuah soto, taburi kedelai goreng, bawang goreng dan kerupuk.


YES, seneng banget soalnya bisa bikin bubur ayam, dan kuah sotonya enak banget. Pokoknya perpaduannya pas banget, kayak bubur ayam di warung-warung hehehe. Pokonya, kalau punya stok kuah soto sisa, jangan dibuang ya, disulap jadi kuah bubur ayam aja, tingal bikin buburnya plus beli kacang kedelai, cakue aja. Langsung deh jadi hehehe. 
Semoga bermanfaat^^

***

29 komentar:

  1. bikin aku meleleh nih mbak..enaknya..taogenya itu loh menggoda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,seger aja gitu kalau pakai sayur hehe

      Hapus
  2. asik, kapan2 bikin sendiri ah..saya suka bingung perbandingan beras dan airnya..ternyata direndam bulu ya mak berasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau airnya kurang,bisa ditambah mak,yang penting berasnya bener2 udah jadi atau kental gitu hehe

      Hapus
  3. naksir kedele gorengnya. Biasanya aku gadoin dulu tuh si kedele hihi...

    BalasHapus
  4. Lengkap ya mak, ada bawang gorengnya jugak, kesukaan tuh, ada kupuk pulak...pasti maknyus bin mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mak,saya juga suka bawang goreng plus krupuk^^

      Hapus
  5. wah, kreatif ya. Aku pertama kali ke cirebon heran kok ada bubur ada kuahnya. Di cirebon bubur ayamnya dikenal dg bubur sop ayam karena kuahnya adalah kuah sop ayam. Oh ternyata bubru ayam juga enak ya diberi kuah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohya??berarti kayak di rumah sakit ya mak hehehe. kalau di Jawa Timur kayak gini buburnya,pakai kuah^^

      Hapus
  6. Aku pilih minta mbak aja, daripada masak bubur pasti meletup-letup kena tangan hihihihihi. :)

    BalasHapus
  7. Kalau aku biasanya dipakai untuk bikin nasi ayam, mak. Tinggal tambah sedikit bumbu dan bikin sajian pelengkapnya. Anak-anak suka banget tuh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nasi ayam??yang gimana mak??mau dong resep dan caranya^^

      Hapus
  8. Bikin buburnya gak terlalu sulit, tapi bikin kuah sotonya itu lho... hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh,gampang kok mak bikin kuah sotonya^^

      Hapus
  9. Nyam-nyam-nyam.. jadi kepingin bikiinnn :)

    BalasHapus
  10. Mirip bubur ayam sukabumi.. Pake toge krenyes krenyes.. Enaaakkk.. #ngeces

    BalasHapus
  11. Yummy banget sih *elap iler

    BalasHapus
  12. Mak, aku ngeces hahaha biasanya aku klo pgn bubur2an gini pk quacker oats, kuahnya kuah soto instan T___T

    BalasHapus
  13. Sehati banget maakk.. sumpah! minggu ini banget baru saya bikin. cuma kalo saya emang rada diniatin, berhubung sekalian nyuguhin tamu yg nginep *pemalas, sekali masak langsung 2 makanan haha*
    Jadi sejak awal saya udah nyisihin kuah soto dikit, trus tambahin santan... Jadi deh kuah bubur. Trus biar lebih kerasa bubur *maklum, buat tamu*, jadi bikin cakwe juga buat pelengkap :)

    BalasHapus
  14. kok bisa mba, kuah sotonya bersisa gt?
    di rmh saya, biasanya malah kuahnya yg abis duluan :))
    bubur yg pake soto begini saya blum pernah nyoba, biasanya pake kuah kari...

    BalasHapus
  15. Makasih ya atas informasinya bagus sekali mbak
    Resep kue donat enak

    BalasHapus