Senin, 16 Maret 2015

Blendrang : Sensasi Sayur Kemarin yang Melegenda

Judulnya nggak nguati banget ya hehehe, Blendrang: Sensasi Sayur Kemarin yang Melegenda. Ohya, teman-teman tau nggak blendrang??Blendrang itu, sayur santan (sayur lodeh) yang dimasak berkali-kali. Biasanya dihangatin sampai berhari-hari, kok bisa??bisa dong, karena buatnya sengaja banyak dan dipanasih lagi, dimakan sampai habis. Kebiasaan orang Jawa kalau ada hajatan atau selametan, orang-orang dapur atau yang rewang hobinya membuat sayur blendrang, seringnya sayur tewel (nangka muda) bukan tahu tempe sama kacang, terong dan cabe rawit utuh.  Biasanya orang yang punya gawe atau hajatan kan makannya enak-enak, pokoknya lauknya banyak daging. Nah, kalau bosen tinggal ke pawon atau dapur saja, minta blendrang, pasti dikasih sama penjaga dapur hehehe. Paling enak makannya ya di dapur sama para rewangers hahahaha, duduk di dingklik, sambil lihat kesibukan para rewangers, makannya pakai alas daun pisang, lauknya ikan asih, woh, jos markojos poko'e hehehe. 

Itulah kenapa sayur blendrang ini melegenda, karena selalu tersedia di rumah orang yang punya hajatan atau selametan (nikahan, sunatan,dll). Dan keberadaannya mulai dari saya kecil dulu sampai sekarang masih bertahan, legend banget kan??hehehe. Bahkan, di daerah suami, sayur blendrang masih menjadi menu andalan sehari-hari.  Apalagi kalau saya pulang ke rumah suami, setiap jalan ke rumah mbah atau saudara, pasti disuruh makan, sudah dipastikan sayur blendrang menanti untuk dinikmati. Lauknya tempe mendoan, plus blendrang kacang panjang, tempe, terong dan cabe rawit. Heummm...sedap. Nah, kapan hari suami kangen blendrang masakan ibu (ibu mertua saya), jadi saya bikin lodeh tahu tempe dan kacang. Nggak sampai berhari-hari, cuma tahan dua hari saja hehehe, setelah itu kembali ke serba rebusan hehehehe. Resepnya ada disini yaaaa... Resep Lodeh Campur Pete Sip Markusip


Blendrang ini sayur tidak sehat karena dipanasin sampai berhari-hari, tapi kalau enak apa daya hahaha. Apalagi kalau sudah di kampung halaman, duh....nggak kuat deh kalau nggak ngincip hehe. Sekali-kali bolehlah yaaa...nagih sih.
Teman-teman ada yang pernah menikmati sayur blendrang???ayo dong cerita^^
Semoga bermanfaat^^

***

23 komentar:

  1. Kalau lebaran, di kampung nenek saya suka makan belendrang, perpaduan kentang sambel goreng, opor dan cabe :D enaaak

    BalasHapus
  2. Kalau lebaran, di kampung nenek saya suka makan belendrang, perpaduan kentang sambel goreng, opor dan cabe :D enaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di jawa barat berarti ada juga ya mbk hehe

      Hapus
    2. Di jawa barat berarti ada juga ya mbk hehe

      Hapus
  3. Gizinya gimana ya Mbak? hahaha..malah bahas gizi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi kan sudah ada keterangannya mak,tidak sehat tp enak ^^

      Hapus
    2. hihihi kan sudah ada keterangannya mak,tidak sehat tp enak ^^

      Hapus
  4. Semakin sering dipanasi, justru semakin enak...haha

    BalasHapus
  5. ojo crito rewangan yooooo....aku jadi kangen kalo rewangan di desa, makan bareng sambil becanda. Sedapnya gak ada yang ngalahin !

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahahaha.....iya,benerr banget mbak^^

      Hapus
  6. Paling suka blendrang tewel atau rebung *ngeces

    BalasHapus
  7. Iya mba, enak bgt kalo dipanasin terus apalagi lodeh kluwih :)
    Btw baru tahu istilah ini.

    BalasHapus
  8. baru ini tahu sayur blendrang :D
    di sumatra gak ada kayaknya ya...yang biasanya sering dipanasin sampe berhari-hari ya rendang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nggak ada mak,paling2 pendatang kayak saya ini hehehe

      Hapus
  9. waaah baru tahu soal ini... biasanya cumamakan sayur lodeh tok

    BalasHapus
  10. hihi..baru tau namanya sayur blendrang.. mungkin sejenis sayur lodeh kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayur lodeh yang dipanaskan berkali2 mak^^

      Hapus
  11. Kalo di cirebon sayur yg bersantan trs d panasin berkali2 tuh "Jangan Sabrang"... heheh... sesuai namanya, isinya ya buanyaak cabe ijo d kasih juga tempe/tahu/ oncom...

    Makin dipanasi makin hot....
    Manteeeph... jd pingin....
    :D

    BalasHapus