Minggu, 18 Oktober 2015

Kue Perut Ayam

Assalamualaikum..
Hmmm...sudah hari senin aja, Alhamdulillah Batam cerah ceria, setelah dua hari yang lalu mendung dan mataharinya berwarna kuning orange, artinya ada asap. Meskipun nggak separah di Siak Riau,  tapi mari kita bersyukur, Alhamdulillah. Ohya, tadi pagi saya dan ibu bikin camilan kue perut ayam. Kok perut ayam??iya, beda desa/daerah pastinya beda penyebutan. Ada yang menyebut kue ini dengan sebutan perut ayam ada juga yang menyebutnya usus ayam, karena bentuknya kayak usus.  Kali ini, untuk pertama kalinya saya bikin kue perut ayam, resepnya dan caranya diajarin ibu, soalnya kakak di rumah sering dapat orderan kue ini kalau ada pesanan. 

Untuk pemula bikin kue perut ayam, pastinya saya rada grogi hahaha. Kata ibu, pas goreng, minyak gorengnya harus panas. Pas awal-awal, mungkin karena kepanasan gosong deh hahaha. Setelah itu baru deh bisa ngebentuk, meskipun bentuknya rada acakadut, tapi lumayanlah untuk pemula seperti saya. Besok-besok kalau pingin praktek lagi, harus lebih bagus bentuknya. Yuk ah, mari kita eksekusi...^^


Bahan :
200 g tepung terigu
1 buah telur ayam utuh
3 sdm gula pasir
Setengah sdt ragi instan 
100 ml air hangat
Minyak goreng, untuk menggoreng

Cara membuatnya :
Masukkan ragi instan ke air hangat, aduk, sisihkan.
Campur bahan kering dan telur, tuang air ragi pelan-pelan, aduk dan uleni sampai tercampur (adonan kental), lalu diamkan selama + 40 menit.
Jika adonan sudah mengembang/berserat, masukkan ke dalam kantong plastik segitiga, potong ujungnya.
Panaskan minyak goreng di teflon (saya pakai teflon), semprotkan adonan secara melingkar (bentuk lingkaran), goreng hingga berwarna kecoklatan.
Angkat, tiriskan, hidangkan bersama teh hangat.




Awalnya ngira kok gosong terus, soalnya kan gorengnya memang sampai kecokelatan, kan kuenya manis ada gulanya, gitu kata ibu saya. Jadilah yang awalnya gosong, kedua pucat, akhirnya gorengan ketiga cokelat beneran nggak gosong deh hehehe. Rasanya enak dan empuk. Ohya, untuk ukuran memotong ujung kantong plastik sesuai selera ya, bisa besar, bisa kecil. 
Baiklah, selamat mencoba, semoga bermanfaat^^


****

15 komentar:

  1. Akkk, ini akuu doyaann buanget perut ayam

    BalasHapus
  2. Kayanya enak nih ya..bayangin rasanya mirip kue cucur.. ��

    BalasHapus
  3. minyaknya harus banyak ya mba??

    BalasHapus
  4. Rasanya seperti untir2 ya mba? :)

    BalasHapus
  5. aseeeggg, kesukaanku ini mak, biasanya beli di ibuk sayur, nah spertinya bsok2 udh bs bikin sndiri nih, tengkiu ya mak :)

    BalasHapus
  6. makk....td kulihat fotonya dr hp kan kecil tuh, aku sangka bekgronnya belalang! ternyata daun ya :p

    BalasHapus
  7. wah, lucu nih.. kayaknya kalo mau bikin bentuk lain juga bisa ya?
    Aku mau coba ah. Bahan-bahannya lagi ada nih. Makasih banget udah berbagi resep :)

    BalasHapus
  8. Aku penge nyobaiiin, tapi wegah bikinnya >.<

    BalasHapus
  9. aku dah punya resepnya tapi sampai sekarang belum eksekusi juga tuh hihi...saking banyaknya list malah bikin yang lain

    BalasHapus
  10. Aku sering dibikinin gini sama Mbahku. Beberapa waktu yang lalu aku sempat cari resepnya tapi belum nemu yang pas. Kayaknya ini sesederhana bikinan Mbahku, tapi rasanya enak.

    Ijin catat resepnya ya, Mbak :)

    BalasHapus
  11. enak sekali ini..aku suka jajanan ini..kalo kepasar mesti beli :)

    BalasHapus
  12. Aku baru tau nih makanan ini :p Kirain baca judulnya beneran dari ayam lho, haha..

    BalasHapus
  13. unik ya mba kue perut ayam hehhee...

    BalasHapus