Kamis, 10 Desember 2015

Nugget Ayam

Assalamualaikum...
Kapan hari gara-gara lihat timeline nugget, jadinya saya ngiler. Kalau ditanya, kapan terakhir makan nugget, pasti mikir lama, nggak tau kapan pastinya saya terakhir makan nugget. Sudah sering wara wiri baca nugget buatan teman-teman foodblogger di instagram, tapi baru aja kemarin saya nyoba bikin sendiri di rumah. Kebetulan ada stok dada ayam utuh, jadi langsung deh eksekusi. Nggak susah kok bikin nugget, cuma ya harus sabar aja, soalnya harus ngeblender ayam sama bumbu, di kukus,  tunggu dingin, balut dengan tepung roti, baru deh bisa digoreng atau disimpan di kulkas. Ohya, ngukusnya saya pakai cetakan kue kukus dan wadah seadanya.


Bahan :
300 gr dada ayam
70 gr tepung tapioka
1 btr telur
1 buah wortel, parut
7 siung bawang merah
8 siung bawnag putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Merica bubuk
Kaldu bubuk

Bahan pelapis :
1 btr telur
Tepung roti

Cara membuatnya :
Blender (menggunakan blender kecil/food processor) dada ayam, bawang merah dan putih sampai tercincang halus. Sisihkan.
Taruh adonan di wadah, tambahkan telur, wortel, tepung tapioka, garam, gula, merica, 
aduk sampai rata.
Siapkan loyang atau cetakan, olesi dengan minyak goreng, tata adonan nugget, 
kukus selama + 30 menit.
Jika sudah matang, dinginkan terlebih dahulu.
Potong-potong nugget sesuai selera, sisihkan.
Kocok telur, celupkan potongan nugget lalu gulingkan ke tepung roti.
Nugget siap digoreng atau disimpan dalam kulkas.



Alhamdulillah, rasanya enak...nagih ternyata, soalnya bisa disimpan dalam kulkas, jadi kalau males masak, tinggal bikin sayur dan goreng nugget deh. Praktis banget..


***





20 komentar:

  1. Lama ga bikin nugget homemade. Padahal rekah, jadinya bisa banyak --"

    BalasHapus
  2. Nyummiii.... sy sering bkin klo ramadhan mbak...praktis utk sahur, apalg klo bangun agk telat...sambil merep msh bs goreng deh...hehe...btw klo sy pkai roti tawar, ga pkai tapioka mba..

    BalasHapus
  3. Bikin sendiri pasti lebih enak, karena tanpa pengawet ya

    BalasHapus
  4. bookmark ah, biar bisa dibaca lagi saat mau praktek bikin nugget nanti :)

    kami sekeluarga juga suka nugget mak tapi gak pernah bikin sendiri, biasanya kami beli yang udah jadi di supermarket :)

    melihat bahan-bahannya yang gak terlalu susah jadi punya niat mau buat sendiri :)

    BalasHapus
  5. Kayaknya enak, wajib nyoba ini....

    BalasHapus
  6. wah menggoda mba, udah lama ga bikin nugget..pake tepung roti jg bisa kan ya untuk campuran ayamnya

    BalasHapus
  7. Kalo nadia libur sklolah suka tak ajak bikin ini. Bagian yg nadia suka nyetaki ya.nanti dicetak macem2 bentuk s├Ęsukanya ^-^

    BalasHapus
  8. bikin ngiler mba... saya tuh paling males bagian balut2nya :D

    BalasHapus
  9. dah lama ga bikin naget...pemalesan banget ya :p
    jadi tergoda pengen bikin naget lagi

    BalasHapus
  10. Waah... Resepnya simple. Anak-anak pasti suka.

    Fotonya bagus, Mak

    BalasHapus
  11. Ah aku selalu laper lihat postingan yang goreng2an begini :')))

    BalasHapus
  12. aku belum pernah bikin nugget, harusnya bikin nich, buat Faiz

    BalasHapus
  13. Enak kalau bikin sendiri ya,Mak. Higienis dan tanpa campuran yang bisa merusak lever. Wahh... kayaknya sdh pinter bikin makanan Balita nii...Smg sehat dan selamat yaa..

    BalasHapus
  14. wah harus pake food procesor ya, adanya cuma blender biasa sama yg kecil yg blender tepung. Bisa dipake nggak ya

    BalasHapus
  15. waah lama bangeeed gak bikin nugget, jadi pengen.. ahh...

    BalasHapus
  16. Aihh ternyata mudah yaaa malah lebih enak bikin sendiri lebih sehat ya mak

    BalasHapus
  17. Kalau lihat yang kayak gini kepingin, tapi suka males masak :D Haduh

    BalasHapus
  18. Aku pernah bikin cuma sekali aja, selebihnya beli *betul2 emak pemalas deh. Padahal lebih sehat buat sendiri ya :)

    BalasHapus
  19. Oh begituuu buatnya makasih mbak... #baru teu hehe

    BalasHapus