Selasa, 01 Desember 2015

Bubur Ketan Hitam & Kacang Hijau

Assalamualaikum...
Ceritanya, kapan hari,pagi-pagi pas jalan keliling komplek sengaja melipir ke warung buat tanya gas. Ternyata stok gas habis, jadilah harus cari ke pasar depan. Males banget rasanya harus nyalain motor dan wira-wiri di jalan raya, tapi untung jalan sepi jadinya aman. Sebelum pulang, mampir lagi ke warung buat isi pulsa, nggak tau tiba-tiba ibu ambil beras ketan hitam. Katanya, pingin buat bubur untuk saya. Maklum, kadang pas tukang bubur lewat, saya nggak pengen, giliran nggak lewat, saya nungguin cantik sambil duduk di sova. Yaudahlah beli buat stok aja, kalau pingin ya bikin. 



Dan, ternyata kemarin ibu udah ngerendem kacang hijau. Pas banget, saya lagi nggak ada kerjaan jadi, sekalian aja bikin bubur ketan hitam sama kacang hijau. Sementara saya rebus kacang hijau, beras ketan hitamnya saya rendam. Mungkin karena ngerendam beras ketannya kurang lama, jadi pas direbus butuh waktu lama, kurang lebih satu jam. Jadi, besok-besok kalau niat mau bikin lagi, ngerendamnya malam hari aja biar pagi udah empuk.

Bahan :
100 gr beras ketan hitam
50 gr kacang hijau
3,5 gelas air (jika kurang bisa ditambah)
1 buah gula merah
1 santan kara (ukuran kecil)
Garam secukupnya
2 lembar daun pandan
2 sdm tepung ketan (nggak ada maizena)

Cara membuatnya :
Rendam beras ketan hitam dan kacang hijau.
Rebus kacang hijau dengan satu gelas air sampai empuk dan prul, sisihkan.
 Rebus beras ketan hitam dengan dua gelas air sampai empuk.
Jika air di rebusan beras ketan hitam tinggal setengah, masukkan daun pandan, gula merah dan tepung ketan. Tunggu sampai air nyusut dan kental. 
Siapkan wadah, rebus santan, air setengah gelas dan garam secukupnya. Jika sudah matang, angkat, sisihkan.

Cara penyajian :
Siapkan mangkuk, ambil bubur ketan hitam, selanjutnya kacang hijau dan terakhir siram dengan saus santan kental. Bubur siap dihidangkan.


Ohya, pingin saya itu kayak bubur-bubur yang dijual, di mangkok bubur ketan hitam, lalu kacang hijau dan terakhir santan. Etapi, kacang hijaunya dicampur jadi satu sama ibu pas ngerebus ketan hitam, jadilah hitam semua hahaha. Satu lagi, berhubung saya nggak ada stok tepung maizena buat ngentelin bubur, jadilah saya pakai tepung ketan. Tapi, tetep enak bangettt hasilnya, alhamdlillah...^^


***

7 komentar:

  1. keliatannya tetap menggoda mak:)

    BalasHapus
  2. jadi bubur kacang hitam ya. Heheeee, aku suka sekali, sayang penjual bubur kacang hijau sudah lama gak lewat, lagi males bikin nich

    BalasHapus
  3. Bubur ketam hitam, salah satu kegemaran saya, cita rasa ketan hitam, khas sekali. Lihat ini malah bikin ngeces berlebihan...*fotonya cantik bingit

    BalasHapus
  4. Aku suka yg agak pedas, pedas jahe maksudnya

    BalasHapus
  5. mbak ini salah satu favorite ku.. ketan hitam memang pas banget sama santan kental
    bikin ketagihan ^_^

    BalasHapus
  6. Aku sukaaaa...

    Cuma sekarang kalau makan kacang hijau kaki suka pegel2

    Faktor U sepertinya

    BalasHapus
  7. Nyummmyy...
    fotonya langsung menggugah selera makan :D

    BalasHapus