Kamis, 03 Maret 2016

Cara Membuat Donat dengan Cahessa Tepung Premix

Cara Membuat Donat dengan Cahessa Tepung Premix

Resep Donat dengan Cahessa Tepung Premix. Hallooo...Assalamu'alaikum, apa kabar teman hot wajan??semoga sehat selalu ya. Siang ini Batam lumayan panas, jadi paling asik di rumah aja nggak kemana-mana. Beberapa hari nggak hujan jadi lumayan bangetlah kangen sama hujan, tapi apapun itu tetep disyukuri ya. Ohya, kali ini saya mau sharing tentang Cahessa Tepung Premix Cepat Saji, ada yang sudah pernah dengar??atau pernah dengar selentingan gitu tenteng tepung premix??. Jadi, tepung premix ini semacam tepung yang dibuat untuk memudahkan ibu-ibu rumah tangga membuat kue, atau bahasa gaulnya tepung instan. Nah, kalau udah ngomongin soal tepung instan pasti ibu-ibu pada sumringah dan seketika senyum mengembang, ya nggak??. 

Nah, beberapa hari yang lalu saya dapat kiriman dari mbak Citra, owner Cahessa Tepung Premix. Salah satunya ada tepung premix Donat, jadi, atas nama penasaran dan pingin nguprek dapur, paginya saya langsung membuat donat dengan Cahessa Tepung Premix. Yuk kita intip cara pembuatan donatnya....

Cara Membuat Donat dengan Cahessa Tepung Premix

Cahessa Tepung Premix Cepat Saji
Untuk : Donat
Berat : 662 gr

Bahan tambahan :
3 kuning telur
60 gr margarin 
200 ml air matang
1 sdt garam
Toping sesuai selera


Cara membuat donat dengan Cahessa Premix :
1. Masukkan tepung premix donat ke dalam wadah bersih, sisishkan.
2. Campurkan ragi instan dengan 200ml air, aduk hingga ragi larut.
3. Tuang air ragi ke dalam wadah tepung, aduk rata. Tambahkan telur, margarin, serta garam lalu uleni hingga kalis atau tidak menempel pada tangan (kira-kira 10 menit), bila adonan masih terasa kurang lembab boleh ditambahkan sedikit margarin.
4. Tutup adonan dengan serbet lalu diamkan selama 60 menit.
5. Kempeskan adonan lalu bagi sesuai dengan selera (bisa ukuran kecil atau besar), tata dalam loyang lalu diamkan kembali selama 10 menit.
6. Lubangi masing-maisng adonan donat, bisa pakai cetakan, spuit atau pakai tangan. Diamkan kembali selama 20 menit.
7. Goreng donat dalam minyak goreng yang telah dipanaskan dengan api sedang hingga matang kecoklatan.
8. Beri toping sesuai selera.

Tentang bahan dan cara pembuatan donat 
1. Margarin : Margarinnya saya panasin terlebih dahulu, setelah hanga-hangat kuku, baru saya masukkan ke tepung.
2. Ragi instan : Ragi sudah ada di dalam kemasan, jadi saya mencampur ragi dengan air matang/hangat.
3. Jadi berapa donat?? : Di kemasan adonan dibagi menjadi 20, tapi kemarin saya bagi menjadi 31 buah donat. Banyak ya??iyaaa...bangettt, soalnya adonan mengembangnya bikin ibu-ibu kayak saya bahagia bangettt, jadinya banyak banget.
4. Bolonginnya pakai cetakan atau pakai tangan?? : Saya pakai cetakan donat, kebetulan ada 3 macam ukuran, kecil sedang dan besar. Kebetulan saya pakai yang sedang, dan hasilnya lumayan besar donatnya. Kata yang jual cetakan, cetakan donat yang ukuran besar biasanya untuk dijual. Tapi, saya pakai yang ukuran sedang, donatnya jadinya kayak yang dijual, uww....mantaplah pokoknya.
5. Toping : Kebetulan dirumah lagi ada meses, jadi suami request pakai meses dan sisanya pakai gula donat.


Donatnya menul-menul dan empuk, nginep satu haripun masih enak. Recommended banget tepung premixnya... 
Anyone????

******
Rumah produksi : Perumahan taman batu aji indah (perum PJB) blok M no. 24 
Kel. Sagulung Kota Kec. Sagulung - Batam
Cp : Citra 0812 7076 1427
Instagram : @cahessa  @citra_sw
Facebook : Cahessa Premix
Path : Cahessa Premix
Line : Cahessa
Pin BB : 5BBD3B39
WA : 0812 7076 1427






24 komentar:

  1. Wah..enak iki dimaem ujan2...

    BalasHapus
  2. Belum pernah nyobain tepung ini. Donatnya menul menul ya, enaaak *comot satu

    BalasHapus
  3. Wah jadi praktis ya, pasti lebih sering masak donat kalau gini, lebih gampang ^^

    BalasHapus
  4. yummy donatnya emang cantikcantik banget y, eman-eman mau makannya wkki

    BalasHapus
  5. Aku bikin donat gak pernah semulus itu, mungkin pakai tepung cahessa bisa bagus ya Mbak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulus banget mbak,alusss dan..hasilnya luar biasa^^

      Hapus
  6. kayaknya gampang nih bikinnya ya mbk han , jd pgn nyobak, tengkiu sharenya yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang mbak dan anti gagal pokoknya^^
      sama2...^^

      Hapus
  7. Wah gampang nih kayaknya, hahah ((kayaknya))))).

    Pengen nyoba deh.

    BalasHapus
  8. wuidihhh rajin deh ulen mengulen donat. Mintak dong.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha lagi rajin,pingin olahraga mbak

      Hapus
  9. Alhamdulillah, terima kasih mba isna 😘
    Monggo yg pengen ngubek" dapur kayak mba cakep pemilik blog ini 😋🙌

    BalasHapus
  10. Beberapa kali bikin donut, anak2 alhamdulillah suka..tapi tanganku yg pegel hasilnya cuma beberapa, jadi belakangan ini beli lagi hahaha

    BalasHapus
  11. wah, gampang bikinnya. Enak buat ngemil sore :D

    BalasHapus
  12. Anak-anak suka sama donut tapi emak2 males ribet. Biasanya beli. Tapi lihat resep ini jadi pengen coba

    BalasHapus
  13. Waah adonannya bisa ngembang gitu ya mbak. Aku pernah coba pakai premix jadi di swalayan kok bantat ya jadinya. Anakku padahal suka donut.

    BalasHapus