Selasa, 23 Februari 2016

Bakwan Sayur : Teman Romantis Saat Hujan


Bakwan Sayur : Teman Romantis Saat Hujan. Eciyeee judulnya nggak nguati banget, hayo, siapa yang suka bakwan sayur??di daerah saya di Jawa, tepatnya di Jombang. Kami menyebut gorengan ini dengan ote-ote, banyak nama untuk gorengan satu ini, sebut saja pia-pia, bakwan, bakwan sayur, ote-ote dan mungkin masih ada nama lain lagi. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, menikmati gorengan saat musim hujan adalah waktu yang tepat. Dingin-dingin enaknya makan gorengan sama nyeruput teh hangat, errr..sedap sekali bukan??. Menikmati suara hujan sambil nyemil gorengan  bareng pasangan, rasanya romantis banget, ya kan ya kann??hahahaha. 

Sekarang di Batam lagi hujan, jadi cocok banget nyemil yang anget-anget. Kebetulan mendadak ibu  nyeletuk pingin ote-ote/bakwan sayur, ya sudah, dengan bahan seadanya saya langsugng eksekusi. Nggak sampai 30 menit, bakwan sayur jadi deh, ditemani sama teh hangat, cocok bangettt.


Bahan :
1 genggang kubis yang sudah diiris tipis
2 gengganm wortel yang sudah diiris korek
1 buah jagung manis,serut
4 bawang merah, iris tipis
2 bawang putih, iris tipis
4 sdm tepung terigu
Air secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu ayam secukupnya
Merica secukupnya

Cara membuatnya :
Campur jadi satu semua bahan.
Panaskan minyak goreng, tuang satu sendok adonan bakwan sayur ke dalam wajan, jika sudah matang dan berwarna kecoklatan, angkat, tiriskan minyak lalu hidangkan.


Heummm..sedapnyaaa, paling enak di cocol pakai sambal petis. Berhubung petis dari Jawa sudah habis jadi pakai cabe aja deh hehehe...
Mau...???


***

10 komentar:

  1. Kalau daku ditambahin telor, Zwan, kata anak-anak sih lebih enak :D

    BalasHapus
  2. pakek cabe aja udh maknyus koq mbak, apalagi kalau satu gigitan bakwan trs nyeklus dua cabe, beuughhh, mantabbb,

    BalasHapus
  3. kalau di jawa barat disebut bala-bala mak. makannya pake sambel kacang. pake cabe rawit doang jg enakk. hmm...

    BalasHapus
  4. Ditemenin kopi makin maknyus lah pasti ;)

    BalasHapus
  5. Di Bandung ini namanya Bala - bala, kesukaan saya

    BalasHapus
  6. Fotonya bagus2 mak saya jg suka bikin sndr bakwan paling enak yg rada garing luarnya

    BalasHapus
  7. di Po namanya pia-pia xoxoxoxo

    BalasHapus
  8. berapa bulan aku nggak bikin bakwan yah. Ngiler mbayangin makan bakwan anget dari wajan....

    BalasHapus
  9. udah ngiler duluan liat fotonya duhh bakwaaaaaan pakai cabe rawit maknyesss!! hehehe

    BalasHapus