Kamis, 09 November 2017

Resep Membuat Ayam Goreng Kriuk dengan Terigu Saja


Assalamualaikum....Ceritanya, saya sudah lama banget nggak bikin ayam kakek-kakek (baca : ayam kfc 😂). Kalau dulu, sering lihat resep teman-teman yang tepung terigunya dicampur dengan tepung maizena, terus pelapisnya ditambah telur dll. Tapi seringnya saya nggak punya stok tepung lain selain tepung terigu. Dan kadang pingin ayam kriuk tapi ada aja bahan lain yang nggak ada. Jadi, saya bikin ayam goreng kriuk dengan satu macam tepung saja, yaitu terigu.

Soal hasil, nggak kalah cantik dan mekar. Bikinnya simpel aja, cuma pake tepung terigu aja, nggak ada tambahan tepung yang lain. Tetep kriuk, berserat dan maknyus 😀.

AYAM GORENG KRIUK
Bahan :
8 potong ayam,taburi garam,ketumbar,bawang putih halus secukupnya.
50 ml air (kalau kurang tinggal tambah)
Minyak goreng

Tepung bumbu (aduk jadi satu) :
250 gr terigu
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara membuat :
1. Masukkan air ke wadah berisi ayam, sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng.
3. Ambil ayam, guling2kan ke tepung bumbu, celup bolak balik ke air (air di wadah ayam). Guling2kan ke tepung bumbu sambil ayam diremas2 sampai membentuk serat. Goreng sampai kecoklatan, balik sekali saja, angkat, tiriskan.
Note : 
- Kalau mau berserat banget tepungnya, ulagi aja nyelupin ayam di air, terus guling-gulingin lagi sambil diremas pake kelima jari ayamnya. 

Semoga bermanfaat...

8 komentar:

  1. Sukses bikin ngilerlah mbàkkk. Itu sambelnya bnr bner deh. Menggodah.

    BalasHapus
  2. wah thank you mak resepnya, jadi bisa tetap sehat ya ga pake bumbu instan

    BalasHapus
  3. Airnya dikit aja berarti yaa? Habis air dimasukkan ke ayam, trus ayam dikeluarkan dr airnya gt mba?

    BalasHapus
  4. Ini praktis banget ya, nggak ribet bikinnya. Hhhm enak buat maksi :)

    BalasHapus
  5. wah apa saja telaten ya , hiiii

    BalasHapus
  6. Ketika membaca judulnya saja saya langsung berkomentar dalam hati, "Wah..., ini cocok, simpel." Makasih banyak ya, Mbak, resepnya. Siiippp.

    *) Sekedar catatan tambahan, ayam di gerai kakek-kakek kalo menurutku kok sekriuk yang dulu ya, hehe...

    BalasHapus
  7. suka banget boyz sama ayam kriuk yg satu ini. tiap minggu pasti bikin. kalo lagi males ya beli, hehe

    BalasHapus
  8. syaa msih selalu pakai bumbu instan kalau bikin ayak goreng crispy. Kayaknya kapan-kapan harus coba bikin bumbu sendiri

    BalasHapus