Sabtu, 16 Mei 2015

Kuliner Nagih : Luti Gendang vs Nasi Dagang

Bismillah...
Beberapa waktu lalu, saya dan suami pulang ke Batam, seperti biasa selain liburan, tentunya hal yang paling sering kami lakukan adalah jelajah kuliner dan jalan-jalan keliling Batam.  Bagi kami, pulang ke Batam itu bener-bener liburan yang menyenangkan. Membersihkan rumah yang ditinggal berbulan-bulan, nonton televisi, masak, nyangkul tanaman di taman, dan leyeh-leyeh di ruang tamu. Seringnya kami menghabiskan waktu di rumah, sesekali main ke rumah bulek dan silaturahmi ke rumah teman-teman suami. Tapi satu hal yang membuat kami senang adalah, bisa sepuasnya cari makanan apa aja yang kita mau. Maklum, di Siak minim tempat kuliner seperti di Batam. Paling mentok warung padang dan melayu hehe. Artinya, list untuk kuliner sudah pasti diangan-angan. Di Batam banyak sekali tempat kuliner yang asik, mulai dari makan di warung tenda, angkringan , di tepi laut, sampai di mall. Tapi ada satu favorit tempat makan yang paling sering kami kunjungi kalau pulang ke  Batam, pokoknya wajib kesini. Namanya Rumah Makan Mie Tarempa, sebelum suami dipindahtugaskan ke Riau, kami sering sarapan disini. Jadi, sudah pasti kalu liburan setidaknya wajib duduk cantik disini. Selain tempatnya lumayan dekat dengan rumah, strategis, dan letaknya di deretan ruko depan Sincom Panasonic Batam Center - Batam. Ohya, Mi tarempa ini kuliner asli dari Tarempa - Anambas - Kepulauan Riau.

Kebetulan setelah beberes taman, suami mengajak saya untuk sarapan di RM Mie Tarempa, kami berangkat dari rumah pukul 08.30. Belum jam 09.00 tapi cuaca di luar sudah sangat terik, maklum  di Batam hehe. Cukup memakan waktu 10 menit kami sampai di lokasi, seperti biasa, tempat duduk lumayan terisi penuh. Akhir tahun lalu, area RM Mie Tarempa masih dua ruko, tapi sekarang sudah merambah ke ruko yang dulunya toko roti. Mungkin karena banyak peminat, jadi areanya diperluas. Setelah mendapatkan tempat duduk, dengan sigap mas-mas datang menghampiri kami. Saya memesan nasi favorit yaitu nasi dagang. Sedangkan suami memesan mi tarempa basah, biasanya suami selalu memesan mi tarempa kering, tapi kali ini pingin nyoba yang versi basah. Untuk minumnya sendiri saya pesan jeruk hangat, suami memesan kopi susu peng. Ceritanya karena masih pagi, suami pingin banget menikmati kopi, biasanya pesan kopi susu tapi kali ini entah tiba-tiba suami pesan Kopi Susu Peng. Penasaran sama kata Peng nya hehehe...

Tuh kan udah rame..
List menu...

Kurang lebih 3 menit, minuman saya datang, jeruk hangat. Jeda sekian detik pesanan suami datang, Kopi Susu Peng. Saya sempat heran dan saling berpandangan dengan suami, kopi susu peng kok kayak es milo, perasaan nggak pesan es milo. Penampakannya jauh berbeda dengan kopi susu yang memakai cangkir khas melayu, tapi ini pakai gelas besar dan ada es batunya hehehe. Ternyata, usut punya usut, Kopi Susu Peng adalah Es Kopi Susu hahahaha, pagi-pagi udah kena jebakan diri sendiri.  Tapi rasanya enak banget ternyata hehe, manis dan pahit kopinya beda banget, pokoknya seger dan maknyus. Nggak nyesel deh pesan kopi susu peng, enak hehe. 

Kemudian, pesanan saya datang, nasi dagang dan luti gendang. Ini adalah menu favorit saya dan mungkin sebagian besar yang datang kesini, namanya unik ya, luti gendang. Luti gendang, terbuat dari adonan donat kentang yang empuk banget, isinya abon ikan, rasanya manis pedas. Paling enak dinikmati pas masih hangat, tekstur kuenya, pas pertama kali digigit itu mak krenyes, kulitnya garing dan maknyus tenan. Sedangkan nasi dagang, bentuk kemasannya seperti nasi kucing, isinya sikit tapi enak sekali hehe. Asal mula Nasi dagang sendiri adalah makanan dari Malaysia, hidangan ini berasal dari daerah Trengganu dan Kelantan. Nasi yang dimasak dengan santan kelapa, dan disajikan dengan kari ikan tongkol. Tekstur nasinya pun tidak sembarang nasi, melainkan menggunakan beras yang agak pero atau pyar (bukan pulen). Satu bungkus nasi dagang dihargai dengan 3K, sekali makan biasanya saya menghabiskan 2-3 bungkus hehehe. Ohya, cara menikmati nasi dagang dengan luti gendang versi saya adalah, pertama makan nasi dagang, setelah itu gigit luti gendang, perpaduan dua rasa yang klop bangetttt. Nagih oeyyy... Satu lagi, Mi Tarempa Basah Seafood, yang khas dari mie tarempa disini adalah selalu ada taburan lada dan irisan daun seledri diatas mie. Isinya ada tofu, bakso ikan, udang, telur kocok, dan lagi-lagi yang khas dari mie tarempa adalah toge. Heummm....nikmat rasanya, nagih makanannya^^

Mi tarempa basah, nyam nyam...
Nasi dagang a la RM Mie Tarempa, isinya ada kari ikan tongkol dan irisan telur rebus. Maknyuss
Taddaa,ini dia luti gendang yang endes bangettt
Kopi susu peng, inget ya, nama bekennya Es kopi susu hehehehe

Kebayang kan, habis beberes taman, lapar, langsung cuz ke RM Mie Tarempa. Tapi, setelah perut kenyang kok rasanya males banget beranjak. Apalagi lihat cuaca Batam yang pagi aja udah panas apalagi siang hehehe, bener-bener nyelekit panasnya dan males pulang. Tapi, selama punya kendaraan roda empat sendiri rasanya lebih asik dan santai jalan-jalannya. Apalagi kita kan masih berdua, artinya, honeymoon terus, pacaran terus hahaha.     Paling pas rasnya buat kami berdua itu kendaraan yang keren, modis, minimalis, ramping, dan satu lagi, irit. Emm....ngomongin masalah kendaraan yang irit, jadi inget obrolah suami sama teman yang baru beli mobil baru, dan baru aja sehari sebelumnya dibawa silaturahmi ke rumah. Toyota Agya warna abu-abu, berhasil membuat saya dan suami penasaran sama seluk beluknya. 

Katanya Toyota Agya ini mobil murah, eits, murah bukan berarti murahan lo ya, catat baik-baik.   Itu artinya mobil murah ramah lingkungan LCGC (Low Cost Green Car) ini cocok banget buat first jobber, udah irit BBM, harganya juga lumayan murah, dibawah 110 juta dan terbuat dari komponen lokal yang lebih banyak. Selain itu, faktor keamanan dan kenyamananya juga lengkap, dilengkapi dengan Dual SRS air bag, power steering, transmisi otomatis & manual, seatbealt with pretensioner & force limiter, pengeremannya menggunakan ABS dan satu lagi, isofix. Kebayang kan, dengan isofix orangtua yang mempunyai anak jadi lebih nyaman, karena memiliki kemanan yang optimal untuk pemasangan child seat. Tuh kan, safety bangettt. Cocok banget buat jalan-jalan keliling Batam hehehe.

Karena setiap perjalanan yang nyaman dan aman tentunya dambaan setiap orang yang ingin mengexplore kota-kota atau tempat yang akan dijelajahi. Hati tentram, jalan-jalan senang, makan-makan enak, rasanya banyak nikmat yang harus kita syukuri. Betul nggak...??
Tetep jalan-jalan, makan-makan, so, keep travel safe...!!



*****

RM Mie Tarempa
Ruko Depan Sincom Panasonic Batam Center - Batam

22 komentar:

  1. Kopi susu peng nya satu mak..hehehe..
    Manteb2 bener dah euy..bikin ngilerrrr...

    Jalan2 plus kulineran didukung dg kendaran yg cihuy, sprti agya, memang dambaan bgd y mak..

    BalasHapus
  2. Mie Tarempa dan teman-temannya bikin ngiler :D Eh aku juga udah punya angan-angan.. pulang kampung nanti mau jelajah ke tempat-tempat kuliner masa kecih ehh masa remaja ding :D

    Wah si Agya itu cakeps banget ya

    BalasHapus
  3. Wah ikutan juga ya Mbak. itu mi Tarempanya bikn ngiler dan penasaran sama Luti Gendangnya. Pernah baca di blognya Lianda dan mupeng. Huehehehe..

    BalasHapus
  4. Pengen mie basahnya euy....

    BalasHapus
  5. Aduh itu mie tarempa... bikin ngiler. Ada resepnya, ga? :D

    BalasHapus
  6. Ngecesss liat mienya *nelenludahtruuss
    Luti itu kayak roti goreng gt yaa. Disini isi kacang ijo alus.

    BalasHapus
  7. mbaaa.....itu mienya tempting bangeeettttttt ^o^... Jd pgn ke Batam... pernah sekali dulu, tp cuma transit..jd ga kluar dr bandaranya :(

    BalasHapus
  8. wah..nanti kalau ke maen ke Batam harus coba nih mie dan es kopi susunya :)

    BalasHapus
  9. Luti Gendang tu kayak Kue Panada di Menado yaa..

    BalasHapus
  10. mbakkkkk...mie nya dan kopi sususnya yg bikin aku nggak nahan..secara...nyruput kuahnya itu yg endes banget..sambil diselingi mimik kopi susu :)

    BalasHapus
  11. nasi dagang tuh sego kucingnya orang melayu to ? oalah....

    BalasHapus
  12. Py rencana ke batam...tp sampe hr ini gatot melulu... :)

    BalasHapus
  13. pengen coba nasi dagang...rasanya gurih-gurih gitu ya mbak??

    BalasHapus
  14. Luti gendang ini kayak panada gitu paling yo Mak? Hehehhee

    BalasHapus
  15. *glek* namanya unik... penampilannya bikin ngiler :p

    BalasHapus
  16. *glek*.... mie tarempa basah dan nasi dagang., bisa cobain kalo ke batam niih..

    BalasHapus
  17. Hai mbak, salam kenal :)

    Kunjungi blog lia ya di Resep Nugget dan Resep Aneka Kue Terimakasih... hehehe

    BalasHapus
  18. eh yaampun.. malem malem liat ini jadi lapeeer

    BalasHapus
  19. Bogor lg panas...jadi ngiler liat Kopi Susu Peng..

    BalasHapus
  20. Maaf.
    Luti gendang bukan nama aslinya.Nama aslinya roti gendang kalau orang Terempa bilang ghoti gendang.Dan nasi dagang asalnya dari terempa bukan dari Malaysia.Pada zaman dahulu orangTerempa ingin buat Musholla,jadi dibuatlah nasi untuk di sedekahkan yang dibuat dari orang pedagang (Dagang) (maksudnya orang yg merantau disebut dagang), dinamakan nasi orang dagang.Lalu diubah oleh orang terempa menjadi Nasi Dagang/Nasi Dogong.

    BalasHapus
  21. Maaf,luti gendang bukan nama aslinya,nama aslinya roti gendang.dan nasi dagang asal nya dari terempa.Ia ini beneran saya gak bohong kalau ingin tau datang aja keterempa.

    BalasHapus
  22. Adonan dasar luti gendang bukan donat kentang tapi adonan roti..pake santan atau susu cair. Trus yang benar mana kopi susu peng apa kopi susu beng ? Soalnya saya pernah makan di mie tarempa saya pesan minuman teh o beng suami minuman kopi o beng..jd peng apa beng yg benar...beng itu minuman yg pake es. Saya asal Medan yg tinggal di Batam.ikut suami pindah tugas. Makasih.

    BalasHapus