Sabtu, 09 Mei 2015

Nasi Goreng Kemangi

Assalamualaikum..
Siang ini kota Siak lumayan panas tapi kadang redup, beberapa hari hujannya libur tapi tetep disyukuri ya. Apapun itu...mari kita syukuri, alhamdulillah. Kebetulan setiap saya belanja di pasar selalu beli yang namanya daun kemangi, satu ikat harganya 1000, belinya di mbah-mbah, biasalah buat lalapan hehe. Nah, kebetulan beberapa hari yang lalu lihat update di instagramnya mak Mia Fauzia (mamanya bebe), tau nggak apa yang di posting???nasi goreng kemangi hehehe. Unik ya, baru denger sih kemangi dibuat nasi goreng. Nah, besoknya mak Sari Melati sama mak Siti Hairul update dan eksekusi juga.  Jadi, atas nama pingin eksis di dunia pernasigorengan, mumpung ada kemangi nganggur, yuk mari kita masak. Kita buktikan, bener nggak sih enak, secara kemangi itu kan enaknya dibuat lalapan. Kata mak Sary dan mak Irul, rasanya enak, anak-anaknya pada suka, begitu juga sama mak Mia (tapi  punya mak Mia nggak pedas,kan kasihan si bebe hehehe). 

Gampang banget kok, kalau bumbu a la mak Mia pakai bawang bombai, kebetulan stok nggak ada. Jadi bumbunya cuma bawang merah sama bawang putih plus kemangi diblender jadi satu, tumis, bumbuin, masukin nasi, sayur, aduk sampai rata. Taddaaaa.....jadi deh, nasi goreng kemangi. Kebetulan saya dan suami suka yang pedasnya sumer-sumer, jadi cabe rawitnya 10 biji (di Siak cabe rawitnya yang warna ijo bukan yang kayak di Jawa, yang pedes). Harumnya khas banget kemangi tapi nggak bau kemangi banget, warnanya hijau, rasanya enak bangetttttt. Dinikmati sama lalapan plus kerupuk emping, alhamdulillah makan siang yang nikmat.


Untuk 2 porsi

Bahan yang dibutuhkan :
2 piring nasi
100 gr kol,iris lembut
2 sdm blue band
Garam secukupnya
Gula secukupnya 
Merica bubuk secukupnya

Bahan pelengkap :
Ketimun
Kerupuk emping

Bumbu dan bahan yang diblender :
50 gr kemangi (diambil dari 10 tangkai ujung kemangi)
10 bawang merah
5 bawang putih
10 cabe rawit

Cara membuatnya :
Panaskan blue band, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan garam dan gula. Aduk.
Masukkan nasi, kol, aduk rata, tambahkan merica bubuk, aduk sampai rata.
Jika sudah matang, angkat, hidangkan selagi hangat.




Mau???silahkan dicoba^^
Semoga bermanfaat
****

50 komentar:

  1. eh akukan kemarin nyobain yg pake blueband sama minyak goreng biasa, kurasa kok enak yg pake minyak ya. tapi anak2ku tetep suka pake blueband sih hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya??coba ah,kapan2 lagi pakai minyak goreng hehehe.

      Hapus
  2. Kayaknya enak... Makasih resepnya, Mak. Aku masih suka nyontek resep yg gampang2 aja buata masak di kosan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe..enak mak,lumayan ada variasi nasi goreng yang berbeda hehe

      Hapus
  3. Boleh dicoba nih mak..aku biasanya pakek daun jeruk..nyobak yg ini ah..rasa baruu
    Tfs y mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mak,gampang dan mudah hehehe..iya bener banget,rasa baru^^

      Hapus
  4. Balasan
    1. iyaaa....apalagi kalao istimwa ya hahaha

      Hapus
  5. Kalau naso goreng kunyit udah coba kan mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum mak,tapi sudah di list xixixixi

      Hapus
  6. Hahahaha... dia bikin jugak. Emang enyaaak yaa. Favorit baru di rumah nih. Backlink dong mak ke instagram ekkeh xP

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah hahahahaha....iya,enak enak enakkk. Udahhh dong,tadi belum sempat^^

      Hapus
  7. Aaaaaak, ngiler banget baca resepnya. Hahaha. Saya sukak banget kemangi dan penasaran gimana kalo dijadiin nasgor deh.. :-9

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha..tahan mas,besok suruh bu dani eksekusi xixi.

      Hapus
  8. Mauuu... kemanginya diblender gak langu kah mak??? menu weekend drmh hampir selalu nasi goreng mak. Cara menikmati karbo hehehe
    minggu depan dicobq ahh TFS Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm ya gitu mak,agak2 langu..tapi pas udah jadi nasgor hilang langunya. Lumayan jadi varian baru hehehe...
      sama mak^^

      Hapus
  9. Wiiikkss, pake cabe tambah merica juga? Omaigaattt!! Besok kalo pulang bikinin yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..biar sedep cincah,nggak mauuuuu....sate ajalah :P

      Hapus
  10. Baru denger ada nasgor begini. Boleh juga dijajal nih..

    BalasHapus
  11. Kalau bumbunye diulek piye?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga mak,asal bener2 lembut hehe

      Hapus
  12. ngebayangin wanginya kemangi, hmm...

    BalasHapus
  13. kayak nasi goreng sambel ijo...huh hah...pedes mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah nyoba yang sambel ijo^^

      Hapus
  14. oowwh jadi pengen, miss...
    aku suka kemangi. dan aku suka nasi goreng.
    what a perfect combination.. :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga demen banget kemangi mbk,enak buat varian baru hehe

      Hapus
  15. nasinya jadi ijo, menarik nih mak annti pengen coba ah. thanks resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak hehehe..silahkan dicoba. sama2^^

      Hapus
  16. Selalu, kalau mampir kesini itu bikin laperrr.... :D

    BalasHapus
  17. Dari kemaren liat di Instagram. Penasaraaaaan banget sama nasgor ini. Nyoba bikin ah, walopun anak-anak kurang suka kemangi. ^^

    BalasHapus
  18. pengen coba mbak, tapi disini gak ada kemangi hiks hiks, ntar deh kalo mudik

    BalasHapus
  19. Naaah, ini saya belum pernah buat: nasi goreng kemangi. Makasih banyak ya, Mbak, sharenya semoga segera saya bisa nyoba. Saya percaya: enak ini.

    BalasHapus
  20. aku penasaran banget pengen coba bikin dehhh

    BalasHapus
  21. Oalah mak, itu bawang merahnya banyak amat ya :p aku biasa bikin cuma pake sedikit. Berarti ini berbumbu banget ya :)

    BalasHapus
  22. blog mu ini perlu bgt dibookmarked mbaa.. utk ide2 masakan kalo lg keabisan ide menu makan ;p

    BalasHapus
  23. Wuiih! rawitnyaaaa, Kalau saya suka bkin nasi goreng cabe ijo juga yang penampakannya spt ini, tapi pakek cabe ijo lalu ditaburi keju.

    BalasHapus
  24. Makkk, ini nih yg bikin cleguk moment!

    BalasHapus
  25. waah pakai gula ya mak? aku kalo bikin nasi goreng nggak pernah pakai gula. cobain aah

    BalasHapus
  26. Mak ini endeus banget kalau pakai telur & kerupuk udang hihihi.. Aku suka banget sama daun kemangi (y)

    BalasHapus