Senin, 04 Mei 2015

Tahu Tempe Bacem

Bismillah
Tahu dan tempe bacem idetik dengan daerah Jawa Tengah, saya pertama kali mencicipi tempe bacem wa akhwatuha itu waktu kuliah. Dimakan atau digado tanpa nasi aja udah enak, apalagi pakai nasi ya hehe. Dan saya baru tahu kalau cara membuat bacem ini memakai air kelapa, saya dari dulu tanpa air kelapa. Pokoknya pakai gula merah sama air biasa hehe, maklum dulu kan anak kos, jadi coba-coba yag penting enak hehe. Kapan hari pingin banget bikin bacem, lagi-lagi tanpa air kelapa, jadi pakai air biasa. Rasanya enak, seperti bacem pada umumnya. Sampai sekarang saya belum tahu perbedaan rasa bacem yang menggunakan air kelapa sama air biasa hehehe. Kapan-kapan harus dicoba biar tahu perbedaannya. 


Bahan yang dibutuhkan :
5 buah tahu, potong jadi 2
1 papan tempe
1 liter air
150 gr gula merah sisir
1 cm lengkuas
2 lembar daun salam
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Bumbu yang diulek :
10 bawang merah
5 bawang putih
4 kemiri

Cara membuatnya :
Masak air, bumbu yang diulek, legkuas, daun salam dan gula merah sampai mendidih.
Tambahkan garam, gula.
Masukkan tahu dan tempe, kecilkan api, sesekali aduk.
Jika air surut dan bumbu meresap, matikan api, angkat lalu goreng sampai kecokelatan.



****

21 komentar:

  1. aku kalo makan bacem lebih banyak digadoin daripada sama nasi hehe...lebih berasa bumbunya. Terus kalo bikin bacem pake air kelapa rasanya lebih legit lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha..tosss...ohya??iya kali ya,sip..kapan2 coba ah^^
      makaish mbakku cantiK^^

      Hapus
  2. Ahaaaaaaaaaa kok kebetulan banged sih. Tadi malam saya dan istri asyik mengoleksi RESEP RESEP Tahu Bacem dan juga Tempe Bacem nya. Wah kok bisa kebetulan gitu yah

    BalasHapus
  3. aku doyan bangte bapalagi manis banget, itu kesukaaan keluarga besarku. Bisa pakai nasi, pakai lontong bahkan di gado begitu saja juga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak,cocok buat lauk apa aja ya^^

      Hapus
  4. Tempe bacem ini kayak rendang loh, rasanya nampol banget ah jadi pengen

    BalasHapus
  5. aku kangen banget makan tempe bacem :(

    BalasHapus
  6. pengen nyoba bikin tapi takut gagal dn ga pada suka soalnya blm pernah masak tempe tahu dibacem

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak usah takut gagal mbk,g bakal gagal hehe

      Hapus
  7. mak... aku bener2 ketawa pas baca kalimat "tempe bacem wa akhwatuha" ^_^,btw klo aku bkn tahu tempe bacem pake'y gula pasir,pke gula merah kudu dicoba inih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...pake gula merah mbk,biar warnanya gelap^^

      Hapus
  8. Saya belum sukses bikin bacem, kurang gelap warnanya,Mak.. ga puas deh!

    BalasHapus
  9. uenak eee mbak...lomboknya menggiurkan sekali gigit ama tahunya :)

    BalasHapus
  10. Tahu tempe bacem favoritkuu ini, miss Hanna... suka sekali ngemilin ini... jd pengenn.. ahahaha...

    Ohya, tanteku pernah buat ayam di bacem juga, tp nggak nanya bumbunya kira2 sama gak yah... tp enyakkk...

    Ehhehehe...

    BalasHapus
  11. Aku suka banget ini. tapi suka males bikinnya. jadi kalau dirumah tempe goreng bumbunya cuma bawah putih sama garem aja :))

    BalasHapus
  12. Kalau aku bikin bacem pakai ketumbar dan ditambah kecap juga mak :D

    BalasHapus