Selasa, 17 November 2015

Jamu Kunir Asem

Assalamualaikum...
Sudahkah anda minum jamu hari ini??eaaa.....gaya banget ya saya hehe. Kebetulan di komplek tempat saya tinggal, tetangga sebelah rumah rajin banget minum jamu. Jadi, setiap jam 9 pagi mbak-mbak jamu keliling selalu berhenti di depan rumah, jadinya, saya yang juga suka jamu ikutan beli dong hehehe. Seringnya beli kunir asem, soalnya kan lagi hamil, jadi nggak boleh sembarang minum jamu, itu kata ibu saya.


Kebetulan pas ibu saya mau ke Batam, beliau beli dan bikin bahan jamu sendiri buat saya. Salah satu yang beliau bikin itu, kering kunir. Jadi kunir diiris tipis-tipis, dijemur sampai kering. Kalau mau bikin jamu kunir asem instan, tinggal ngerebus kunir kering, asem jawa dan gula. Praktis banget kan, nggak pakai ngupas-ngupas kunir sampai tangan warna kuning hehehe. Kemarin, saya bikin jamu kunir asem, jadi dua botol, lumayan kan bisa disimpan di kulkas. Kalau lagi pingin, tinggal ambil, minum, seger bangettt.

Bahan :
50 gr kunir kering
15 gr asam jawa
4 sdm gula
6 gelas air

Cara membuatnya :
Rebus semua bahan kecuali gula, kurang lebih 20 menit. Sampai mendidih.
Selagi masih panas, tambahkan gula, koreksi rasa.
Jika sudah dingin, taruh di botol dan simpan di kulkas. 



Bisa di nikmati pas masih hangat, bisa juga dinikmati dingin atau dikasih es batu. Dijamin, seger bangettt....^^


****


14 komentar:

  1. Aku suka banget jamu kunir asem, seger

    BalasHapus
  2. segernya..enak sekali nih..kemarin udah minum jamu kunir nih aku..pastinya yg manis donk rasanya :)

    BalasHapus
  3. hmmm selama ini saya belum pernah minum jamu,,nggak tau kenapa...takut rasanya pahit mungkin yaaa

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. melancarkan siklus haid, mencerahkan kulit,dll...

      Hapus
  5. Kalau aku suka diminum dalam keadaan dingin.. Apalagi pas panas. :D

    BalasHapus
  6. teringat mama yg suka bikin jamuuu huhuhu

    BalasHapus
  7. kok rada mirip temulawak yak..

    BalasHapus
  8. Kalau aku beli di mbak jamu kok rada gelap warnanya ya? punyamu kelihatannya jernih begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,biasanya yang eli di mbak jamu itu masih ada ampasnya,sebelum diminum di kocok dulu..kl yang ini saya buatnya dari irisan kunir/kunyit yang dikeringkan,jadi g ada ampasnya mak^^

      Hapus
  9. mbokkk peseen segals yaa *ditakol..:D

    BalasHapus
  10. Lagi hamil boleh gitu minum kunir asem ukh?

    BalasHapus
  11. Aku suka jamu kunir asem. Lebih enak kalau dingin sih menurutku. :)

    BalasHapus