Kamis, 09 April 2015

American Risoles: Amris Ekonomis


Bismillah...
Ada yang belum tahu amris??American Risoles disingkat menjadi amris adalah snack risol biasa,tapi menjadi luar biasa karena isinya a la-a la bule. Biasanya risol isinya kentang, wortel dll, tapi amris ini isinya daging asap/sosis, telur, keju dan mayones. Sudah pasti buat yang belum pernah ngerasain risoles isinya a la-a la bule ini, pastinya agak-agak gimana gitu, tapi lama kelamaan biasanya nagih *pengalaman pribadi* hehehe.  Apalagi yang suka keju, pasti nambah terus hehehe. Kalau masalah bikin risoles, saya sudah jago dari SD, karena ibu saya dulu jualannya risoles isi kentang dan wortel. Saya bagian incip-incip dan ngantar ke warung atau toko-toko tetangga dekat rumah, alhamdulillah berkah. 

Kapan hari pas pulang ke Batam, seperti biasa rutinitas wajib saya adalah bikin risoles. Bulek dan sepupu-sepupu saya selalu suka sama risoles buatan saya, ludes pokoknya dua piring. Karena saya penasaran sama amris, akhirnya punya ide bikin amris. Amrisnyapun amris ekonomis, tanpa digulung pakai tepung panir. Jadi setelah amris jadi, saya langsung simpan di kulkas, sore sebelum ke rumah bulek saya goreng. Sebelum masuk penggorengan, celupkan dulu risoles ke sisa adonan kulit risol, lalu goreng sampai kecoklatan. 


Bahan Kulit Risol/Lumpia :
6 sdm terigu
1 butir telur
1 gelas belimbing susu cair
Sejumput garam
1 gelas air

Cara :
Aduk bahan jadi satu sampai adonan agak cair, kalau masih kental tambah sedikit air, pokoknya sampai adonan mulus. 
Panaskan teflon dengan api kecil, usap wajan dengan minyak goreng atau margarin, jika teflon sudah panas. Tuang adonan risol satu sendok sayur ukuran sedang *lihat foto dibawah*, buat dadar tipis-tipis. Jika sudah matang, angkat.



Bahan Isi :
Sosis
Telur rebus, 1 telur iris jadi 6
Keju, potong memanjang
Mayones

Cara :
Ambil satu lembar kulit risol, isi dengan sosis,keju,telur dan mayones. Lalu lipat dan gulung.
Sisakan adonan kulit risol, panaskan minyak goreng, celupkan amris ke adonan kulit risol. Goreng hingga kecokelatan, angkat.




Awalnya saya potong telur rebusnya jadi 4, ternyata kebesaran, akhirnya saya potong jadi 6. Sosisnya  sengaja tidak saya belah jadi dua, biar kerasa banget gitu pas gigit amrisnya hehehe. Pas matang, saya deg-deg'an mau nyoba, pas saya incip, wah enak juga ya rasanya. Sebenarnya dulu pernah makan sekali, cuma agak-agak lupa, dicocol pakai saos sambal dan cabe rawit mantab banget. Enak bangetlah pokoknya, alhamdulillah.

PS : Resep kulit risoles/lumpia diatas untuk kurang lebih 20 lembar, kenapa saya bilang lumpia, karena di Jombang nyebutnya lumpia hehehe.
Semoga bermanfaat^^

*****

34 komentar:

  1. Mbak...kopinya menggoda...aku suka kopi...aku pecinta kopi...ulala...risolesnya itu loh...menggoda banget...gagal diet maning aku mbak....piye iki....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu teh mbak hehehe...gpp mbak,sekali2 hehehe

      Hapus
  2. Jajanan kesukaanku. Kelihatannya gampang nih. Nyontek ya mbak...

    BalasHapus
  3. Kalo aku si kulitnya beli aja deh... meni ribet bikin sendiri :p

    BalasHapus
  4. Ah kayaknya gampang nih mak hanna..pengen nyobak ah...
    Tfs yak...:)

    BalasHapus
  5. Aku pernab bikin pakai mayones. Tapi jadi ngga awet juga karena kan harus lgsg habis makannya. Kalau bikin pagi makan sore, jd ga enak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku pas mau makan baru goreng zuh,jadi enak masih anget hehehe

      Hapus
  6. Oke, dicatat dulu. Besok bikin buat Fatih dan Ayahnya. Btw, fotonya semakin cantik Mbak. Daku harus belajar fotografi nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....silahkan dipraktekkan mbak^^

      Hapus
  7. Enak ih, isiannya aku suka :p penyuka sosis :D

    BalasHapus
  8. Siap siap nyontek nih.. izin kucontek ya mba resepnya.. makasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. Kulit lumpianya bilin sendiri yo mak, aku pemalas sih, jadi biasanya beli jadi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya mak,kalau beli kadang udah keras,pernah dulu nyobain beli sekali,kurang nendang gitu hehehe

      Hapus
  10. wuaaa enaknyooo .. gampang pula. Laper lapeerr Mak

    BalasHapus
  11. aku mah nyerah bikin kulitnya Mak.... pecah melulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai susu nggak mak??kalau nggak pake susu pecah,kalau pake susu alhamdulillah nggak pecah,elastis...atau mungkin pecah karena ketebelan,tipis2 aja mak bikin dadarnya :)

      Hapus
  12. aku ga telaten bikin kulitnya. beli jadi mulu hik hik... beklah dicoba dicoba...tfs mak :)

    BalasHapus
  13. Enyakkk....ini favorite di rmh tp blm prnh bikin. Bundanya g telaten jd beli aj...tp resepnya kayanya gmpng. Nanti pengen praktek akhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe..silahkan mak,emang enak banget

      Hapus
  14. Berarti bisa ya pakai kulit lumpia yang sudah jadi. Cobain ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mak,nanti gorengnya tinggal dicelup ke telur,digulingin ke tepung roti,baru digoreng^^

      Hapus
  15. mintaaaaakkkkk......*histeris liat risol pas lafar*

    BalasHapus
  16. nice idea nih maak. yeay besok nyoba ah!

    BalasHapus
  17. yaampun ngileeer. mau nyonteeek :D

    BalasHapus
  18. aku juga sering bikin kulit sendiri kalo bikin risoles ato martabak, disini susah cari yang sudah jadi dan halal

    BalasHapus