Rabu, 29 April 2015

Brubi

Bismillah....
Ada yang tau brubi??emmmm...doko' doko' utti??belum tahu juga, kalau nagasari ada yang tau nggak??kebangetan kalau nggak tahu hehehe. Orang Jombang menyebut kue nagasari/nogosari itu Brubi, kalau doko' doko' utti itu sebutan di daerah Makasar. Kebetulan kemarin pas saya update foto di instagram, ada salah satu teman yang rumahnya Makasar bilang kalau kue ini namanya doko' doko' utti, utti itu pisang. Ceritanya minggu kemarin saya pingin banget brubi, pas banget ada pisang kepok, beli satu sisir dapetnya yang ukuran besar-besar, alhamdulillah. Akhirnya bikin sendiri brubi, telpon ibu sekalian tanya-tanya bahan dan cara membuatnya. Gampang banget ternyata, tingga mencampur bahan lalu masak dengan api kecil, kalau sudah menjadi bubur atau sudah tidak encer, angkat, bungkus lalu kukus. Ohya, pas banget tepung berasnya tinggal sedikit, jadi saya tambah tepung maizena, tanpa daun pandan hehe. Tapi hasilnya benar-benar memuaskan, enak bangettt, nggak gagal, dan bikin ketagihan hehe. Yuk ah, markimas, mari kita masak^^


Satu resep untuk 6 buah

Bahan yang dibutuhkan :
2 buah pisang kepok ukuran besar (potong serong jadi 3)
50 gr tepung beras
2 sdm tepung maizena
90 ml santan (saya pakai santan instan)
1 setengah sdm gula pasir
1/4 sdt garam
Daun pisang untuk membungkus

Cara membuatnya :
Campur sedikit santan, tepung beras dan maizena, jika sudah cair tambahkan sisa santan, gula, 
garam aduk rata.
Masak adonan diatas api kecil, aduk terus sampai menjadi bubur, angkat.
Ambil daun pisang, letakkan 1 sdm adonan, beri pisang, tutp dengan adonan lagi.
Gulung daun pisang,lipat ujung ke tegah.
Kukus kurang lebih 30 menit.





****

32 komentar:

  1. semacam kue pisang gt mak? klo orang sunda nyebutnya apa ya.. kalo orang betawi bilangnya kue pisang.. aku suka rasanya.. enaakkk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak.kata teman saya yg orang jakarta nyebutnya kue pisang^^

      Hapus
  2. mamaku kalo dapet ginian, yang aku makan pisangnya doang.. ternyata putih putihnya itu tepung beras ya :D

    BalasHapus
  3. Kalo di tempat saya itu namanya nagasari mb....ternyata lain tempat lain nama ya?

    BalasHapus
  4. kalau di Makassar ini namanya roko'roko' unti
    bahasa indonesianya (bungkus2 pisang) hihihihihi
    sama kopi susu biasanya. kue wajib ada kalau warkop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwaaa berarti snack warug kopi ya mbk hehe

      Hapus
  5. Duh ga sopan yaa...malsm.malam gini bikin lapeeerrr

    BalasHapus
  6. Di Makassar jarang makan nagasari, seringnya barongko, dari puisang juga tapi dihaluskan pisangnya

    BalasHapus
  7. kalo di Serang namanya gembleng mak... :)

    BalasHapus
  8. ini tuh nagasari bukan ya mbak? persis yang mamaku suka bikin bentuknya hehe...bahannya juga sama kecuali maizena yg gak pake.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe nagasari mbk..iya,karena tepung berasnya dikit hehe

      Hapus
  9. oiya nagasari, kelewatan baca atasnya...langsung baca bahan dan cara membuat hehehe...

    BalasHapus
  10. Nogosarii....huaaaa aku cobaaa ahhh besok mumpung wiken.....kudu beli daun dulu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha daun beli??ayoo tak ambilin,dibelakang rumah banyakk

      Hapus
  11. Mamaku srg bgt masak ini dulu :)... ah, jd kangen.... kyknya sjk merantau ke jkt aku ga prnh makan ini lg deh -_-

    BalasHapus
  12. Nagasari bikinan nenek saya jadi favorit saya dan keluarga. kalau bikin ini kayanya kemungkinan gagalnya sedikit ya mbak.

    BalasHapus
  13. baru tau kalo nagasari ada aliasnya juga...

    BalasHapus
  14. baru tau kalo nagasari ada nama aliasnya juga

    BalasHapus
  15. Ooh brubi itu nogosari yo miss...
    Ternyata senusantara ini banyak kue tradisional yg sebenarnya sama tapi beda nama.. hihi...
    Boleh jg nih miss, kapan2 nyoba bikin nogosari pake tepung maizena... blm pernah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk,sebutannya aja yang beda hehehe....lebih lembut mbk kalu pake tepung maizena

      Hapus
  16. Jiwo suka banget iniiiiiii.... ternyata bikinnya gampaaang. OKEYES, besok kudu aku cobak! *cari pisang*

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampil bangettt....hahahaha,kalo dah jadi kirim ke siak yes!!!

      Hapus