Senin, 06 April 2015

Lele Penyet

Assalamualaikum...
Pulang kemanapun kalau sudah ke pasar dan lihat ikan lele, mau nggak mau wajib beli. Pas kemarin pulang ke Batam, paginya langsung ke pasar, kangen pasar botania hehe. Beli lele setengah kilo, ukuran sedang dapet 5 ekor, cukup buat dimakan dua kali. Kebetulan kalau pulang ke Batam seringnya makan siang di rumah, malamnya baru kulineran, pokoknya suka-sukalah hehe. Kebetulan pagi-pagi saya dan suami sudah sarapan di mi tarempa, jadi agak sorean suami lapar. Request lele penyet sama lalapan, menu paling gampang dimasak. Tinggal goreng ikan lelenya, baru deh yambel.

Bahan Lele Goreng :
2 ekor ikan lele
1 siung bawang putih,geprak
Ketumbar
Garam

Cara :
Siapkan wadah,masukkan lele yang sudah dicuci bersih,tambahkan bawang putih yang digeprak halus, ketumbar dan garam. Aduk,tunggu 5 menit lalu goreng sampai matang.

Bahan Sambal Tomat :
1 buah tomat
2 buah cabe merah
9 buaha cabe rawit
2 bawang merah
1 bawang putih
Garam
Gula

Cara :
Goreng setengah matang tomat,cabe merah,cabe rawit,bawang merah dan bawang putih. Angkat
Ulek,lalu tambahkan garam dan dulu.

Penyajian :
Sambal tomat sudah diulek,penyet lele di cowek, sajikan.



Lele penyet sudah jadi, lalapan sudah dicuci bersih, dan nasi sudah mengepul. Artinya makan sore sudah siap, alhamdulillah nikmat luar biasa. Lelenya kres kres kres banget, jadi makin menggugah selera hehehe.

****

16 komentar:

  1. sambelnya menggoda banget mbakkkkk

    BalasHapus
  2. Wiiii lele penyetnya menggugah selera, bikin perut terasa lapar hihihi...mksh mak sdh mau berbagi resep

    BalasHapus
  3. Maaaak.. bikin ngiler maaaak.. *ngences*

    BalasHapus
  4. Lele penyet ini kesukaan keluarga saya, tapi saya ndak doyan. :)

    Bikinnya mudah ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah banget mak,tinggal goreng sama nyambel aja hehe

      Hapus
  5. Wah, nikmat ini. Ngabisin nasi banyak kalo menu lele penyet. Hari ini aku jg masak lele tp di masak mangut mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih,asaya juga suka mangut lele mak^^

      Hapus
  6. enaknya dimakan pas masih hangat gitu ya mbak. lele + nasi hangat + sambel + lalapan itu sempurna. hehe

    BalasHapus
  7. saya tuh paling gak bisa ngebersihin ikan lele, apalagi mematikannya, halah bahasa apa lagi itu, maksudnya ngegetok kepalanya biar mati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di siak dan di Batam,kalau beli ikan sudah dibersihkan mak,jadi sampai rumah tinggal nyimpan aja di kulkas hehe

      Hapus