Rabu, 13 April 2016

Lontong Sayur


Assalamu'alaikum...apa kabar teman hot wajan??semoga sehat selalu. Pagi ini Batam hujan, Alhamdulillah semoga hujannya berkah aamiin. Pagi-pagi hujan enaknya sarapan apa ya??kalo udah hujan alamat malas masak hehehe, mau ke warung juga males, duh kok pemalas gini ya hehehe. Baru inget masih ada sisa lontong atau ketupat di kulkas, tapi bingung mau bikin apa buat sayurnya. Soalnya kapan hari sudah bikin lontong sayur wortel kentang,apa bikin pecel aja ya hehehe. Okesiplah, tinggal ngerebus sayur dan bikin sambel, jadi deh... Ngomongin soal saya bikin lontong atau ketupat sayur, kali ini saya nggak bikin lontong sendiri, tapi saya pakai lontong Kumin atau ketupat mini. 

Tentang Ketupat Mini
1. Praktis 
- Nggak perlu ribet harus nakar beras atau bikin wadah dari janur dan harus dimasak berjam-jam, cukup dimasak kurang lebih satu jam, lontong atau ketupat mini sudah matang.
- Satu dus isi 20 bungkus + gratis 8 bungkus, masing-masing bungkus isinya 14 gr.
2. Aman
Ketupat mini KUMIN dibuat dari beras pilihan yang dikemas dengan memperhatikan faktor kesehatan, mulai dari tanpa bahan pengawet dan pewarna sampai kemanan, yaitu plastik tahan panas.
3. Cocok untuk berbagai acara
Untuk pedamping sayur ataupun sate ketika ada acara di rumah, apalagi pas mau ada acara keluarga, misalnya aqiqah anak, kumpul silaturahmi, atau pas momen hari raya idul adha dan hari raya idul fitri. 



Gimana Cara Memasaknya??
Kadang kalau bikin lontong atau ketupat sendiri seringnya cemas dan deg-deg'an dengan hasil akhir, apakah jadi atau nggak ya??. Apalagi kalau bikinnya pakai daun pisang, kadang jadi bagus kadang belepotan dan masaknyapun lama, ibu saya aja masak lontong sampai 4 jam. Ugh, lama banget kan...
Langkah penyajian :
1. Cuci ketupat ini dan masukkan ke dalam panci berisi kira-kira 3,5 liter (15 gelas air). Pastikan semua ketupat mini terendam air. Selain dimasak di panci, ketupat mini juga bisa dimasak di rice cooker.
2. Rebus hingga mendidih selama kurang lebih 45 meniy. Aduk posisi ketupat mini dan pastikan tidak ada lagi bulir-bulir beras yang masih tampak.
3. Untuk hasil terbaik, tiriskan dan angin-anginkan ketupat mini. Setelah dingin ketupat mini bisa dipotong dan dihidangkan.

Tentang Cara Memasak Ketupat Mini
1. Dimasak dimana??itu 45 menit beneran sudah matang??
Saya masaknya pakai panci, sesekali diaduk dan membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Intinya kalau bulir-bulir berasanya sudah nggak kelihatan, lontong sudah matang.
2. Kok dicuci??kan berasanya ada di dalam plastik??
Setiap bungkus dari ketupat mini Kumin ada banyak lubang-lubang kecilnya. Jadi ketika kita cuci di air mengalir, sudah dipastikan air masuk dari lubang plastik.
3. Perhatikan ini!!
Setelah lontong matang, jangan langsung dibelah atau di potong ya. Diamkan dan angin-anginkan dulu sampai lontong set atau jadi atau dingin. Kalau baru matang dibelah, dipastikan gagal jadi lontong, soalnya lembek, kan masih berair. Jadi kalau lontong sudah dingin baru deh di belah, jadinya cantik.



Kebetulan pendamping lontong saya bikin sayur wortel kentang pakai udang, heummm sedap banget. Tekstur lontong Kuminnya lebut banget, enak nggak keras. Jadi cocok banget lah...
Ada yang mau lontong sayur???


***
KETUPAT MINI KUMIN
Instagram : @ketupatmini
Fan page : Beras Dalam Baskom
Line : ketupatmini
WA : 081213435112



8 komentar:

  1. Praktis bgt yah mba sekarang, aku suka lonsay.. Di sini terik banget mataharinya..
    Oia jadi inget lebaran klo liat tupat hehe

    BalasHapus
  2. yampun inovasi bngt ya kumin ini.
    bentuknya jg unyuu

    BalasHapus
  3. uweeenak eee rek... aq mauuuu :D

    BalasHapus
  4. Belum pernah coba kumin tapi pernah lihat :D

    BalasHapus
  5. wah, aku suka lontng sayur, apalagi suamiku dg kuah bersantan, yummy

    BalasHapus
  6. nyaaam.. lafaar nih pagi pagi kaka...:D

    BalasHapus
  7. Enaknyaaa... :) disini juga ada ketupat mini, dan juga yang agak besaran gitu. Hehe kalau ke toko Cina, beli itu deh buat jaga2 kalau pengen lontong :D

    BalasHapus
  8. Ayo, dapatkan freechip dengan cara mendaftar di INSTA88 di permainan sabung ayam S128
    USER ID Anda sudah terisi saldo dengan cuma cuma tanpa harus deposit

    NO HP: +6281315983911
    BBM: 2BD903FA
    LINE: CS_INSTA88
    WECHAT: CS_INSTA88

    LINK ALTERNATIF
    www.insta88.com
    www.insta88.net
    www.insta88.org
    www.centre88.net
    www.lexusbet.net
    www.lontongsate.com
    www.satelontong.com
    Bantu sebarkan ke teman juga
    Terima kasih

    BalasHapus