Minggu, 03 April 2016

Masak dengan Rempah Indonesiaku

Assalamualaikum..Apa kabar teman hot wajan??semoga sehat selalu ya. Sudah masak apa hari ini??kalau saya, masaknya selalu yang simpel aja, bikin sayur capcay, perkedel tahu dan goreng ikan pisang. Mana sambelnya??tadi nggak sempet bikin sambel, udah riweh anak lanang bangun, jadi skip dulu sambelnya hehehe. Kali ini saya mau cerita tentang rempah Indonesiaku, kebetulan kemarin dapat kiriman tiga rempah dari Rempah Indonesiaku. Ada lada hitam, balado dan pala. Kalau lada hitam saya masih lumayan beberapa masak pakai bahan ini, begitu juga dengan balado atau cabe merah. Nah kalau pala, saya lumayan kudet banget, untung ada ibu di Batam jadi lumayan tau kegunaan pala,hehehe.


Masak dengan Rempah Indonesiaku
1. Lada hitam
Lada hitam atau biasa dikenal dengan merica, sifatnya pedas dan hangat. Lalu, umumnya untuk bumbu apa??kalau saya biasanya buat bikin bebek atau ayam lada hitam. Kebetulan pas masih tinggal di Siak, lumayan sering bikin bebek lada hitam, maklum di Siak banyak penjual bebek hehehe. Cara membuat dan bahannya pun mudah, bahannya bebek dan bumbu pepek atau bumbu komplit. Cara membuatnya, bebek yang sudah dibersihkan disilepi atau di kekep di wajan bersama bumbu pepek yang sudah dihaluskan, tambahkan air dan tunggu sampai daging bebek empuk. Setelah itu tambahkan bumbu garam, gula dan salah satunya lada hitam. Bebek lada hitam jadi deh...
2. Balado
Balado itu cabe merah, kalau orang Siak Riau bialangnya lado. Hampir disetiap masakan saya pakai cabe merah, tapi kalau cabe merah bubuk jarang. Kalau ada stok cabe merah bubuk biasanya buat tambahan atau pewarna sayur, misalnya sayur lodeh, sayur manisah tahu atau ayam balado. Nah, kebetuan kemarin saya bikin tahu krispi lada hitam, sekalian deh ditaburi balado, aduh....beneran nagih bangettt rasanya hehehe.
3. Pala
Kalau orang Jawa nyebutnya polo, bubuk pala biasanya dipakai untuk penyedap roti atau kue, puding dan sayuran. Kebetulan kemarin saya bikin sayur sop pakai pala, lumayan berbeda harumnya, tambah harum gitu baunya.

 tahu krispi lada hitam
tahu krisp lada hitam tabur balado, ini nagihh bangettt
sayur manisah pakai lada hitam, balado dan pala..yummm

Jadi, sekarang kalau masak bumbunya nggak cuma itu-itu aja.
Teman-teman punya pengalaman dengan 3 rempah diatas??


****
Rempah Indonesiaku
Instagram : @rempahindonesiaku
Tlp : 087881300200

13 komentar:

  1. itu kayak e enak tahunya :")

    BalasHapus
  2. Bumbu praktis tinggal tabur ya. Nggak usah susah ngulek.

    Itu gambar yang tahu kelihatan seger banget. Suka sama surface nya.

    BalasHapus
  3. Bumbu praktis tinggal tabur ya. Nggak usah susah ngulek.

    Itu gambar yang tahu kelihatan seger banget. Suka sama surface nya.

    BalasHapus
  4. Wah, semakin menyenangkan nih Mbak memasaknya ada bumbuuuuu rempah-rempah Indonesia yang praktis

    BalasHapus
  5. Semakin memudahkan untuk para ibu yang sedang ingin belajar masak kayak aku ya, hihihi

    BalasHapus
  6. yg blm pernh masak pakek lada hitam mbk, sering liht di tp kyknya enak gt ya klok msak ditmbahin lada hitam. jd nih eikeh mending lgsg cus ke rempah indonesia aja deh klok gt. tengkiu infonya ya mbk

    BalasHapus
  7. Wah belum pernah ketemu sama bumbu ini, apa dijual di toko-toko atau harus pesan? enak ya sepertinya taburan lada hitam di masakannya.

    BalasHapus
  8. Saya termasuk belum pernah masak dengan lada hitam. Nggak tahu kenapa. Yang jelas belum biasa kali ya sejak kecil ketika di Jombang. Jadi, di dapur pun ga ada persediaan lada hitam. Tapi, boleh juga neh dari Rempah Indonesiaku. Jadi kepengin nyoba :)

    BalasHapus
  9. kayaknya diantara 3 rempah di atas, yang paling sering saya pakai adalah pala :)

    BalasHapus
  10. Kalo pala sama lada hitam sering buat bumbu masakan, tapi kalo balado paling untuk taburan atau toping aja, mbak

    BalasHapus
  11. Wah enaaak, nanti kalau aku dah di Batam masakin ya mbak hehe

    BalasHapus