Senin, 05 Januari 2015

Ayam Goreng Ungkep

Assalamu'alaikum..
Dulu pas di tinggal di Batam, seringnya kalau bikin ayam goreng itu beli bumbu instan. Dicampur, didiemin beberapa menit baru di goreng, jadi deh ayam goreng. Sebenarnya di Batam ada bulek, tapi nggak satu komplek jadi bener-bener semuanya asal instan gitu kalau masak hehe. Kalau weekend pas telpon ibu, tanya resep bumbu ini dan itu, tapi praktekinnya nggak begitu lancar, banyak makan di luar hehe. Nah, pas pindah ke Siak dan tinggal di kos-kosan, karena suami nggak tega kalau saya harus ngontrak, ditinggal kerja dan sendirian di rumah hehe. Ngekos pastinya ada ibu kos dan ibunya ibu kos (alm nenek), dapurnya hadap-hadapan, jadinya kalau saya bingung mau masak apa pasti tanya alm nenek. Salah satu bumbu yang paling simpel hasil diajari alm nenek adalah bumbu ayam goreng ungkep, bumbunya cuma kunir, kemiri, bawang putih, ketumbar sama garam aja. Nggak pake bawang merah, katanya kalau pakai bawang merah, pas digoreng nanti jadinya hitam. Nggak harus direbus atau diungkep, ayam yang masih belum matang dicampur sama bumbu halus, diamkan selama 30 menit, langsung goreng. Nah, yang ini saya ungkep atau rebus dulu, soalnya mau disimpan di kulkas *ketahuan pemalas hahaha*. Yuk mari kita masak..
Bahan :
1/4 ayam
 Air secukupnya

Bumbu ulek :
6 buah bawang putih
1 ruas kunir
2 buah kemiri
1 sdt ketumbar
Garam secukupnya

Cara :
Panaskan air, masukkan bumbu ulek dan ayam, tunggu sampai matang.
Angkat, tiriskan atau taruh di wadah.
Bisa langsung di goreng atau di simpan di kulkas.

Gampang kan??nah kalau saya biasanya seringnya buat ayam goreng kalau suami pas masuk pagi, kan mbontot, maklum di tengah hutan kan nggak ada warung, ke kotanya jauh jadi mbontot nasi deh. Alternatif banget buat emak-emak yang nggak mau terlalu rempong pagi-pagi, tinggal ambil di kulkas dan goreng, simpel kan. Bye bye bumbu instan hehe
Semoga bermanfaat.

***

23 komentar:

  1. ternyata bumbunya simple ya.. aku biasanya klo ayam goreng beli bumbu ulek gt di tkg sayur. Skrg mo nyoba yg ini aja :D

    BalasHapus
  2. wow..mau coba ah kapan-kapan. kayaknya lebih enak kalau gak diungkep ya? lebih segar kayaknya :D

    BalasHapus
  3. taktiknya sama denganku ;)

    BalasHapus
  4. Aku juga kalo bikin banyak sisan trs simpen di kulkas deh soalnya nadia doyan bgt ;)

    BalasHapus
  5. Masih bersahabat sama bumbu instan :D males ngulek. Heuheuu... Coba mak jualan bumbu ulek, nanti aku beli darimuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahaha...kl males ngulek q blender mak xixixi

      Hapus
  6. ihiyy ngungkep ayam jd kewajibanku seminggu sekali (saking doyannya sama ayam goreng yg doungkep dulu) ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak,lebih simpel ya,kl pingin tinggl goreng aja hehe

      Hapus
  7. Nggak pake bawang merah biar ga gosong atao jadinya hitam ya, Mbak. Oke.... siiipppp.

    BalasHapus
  8. mbakk,.. aku seringloh buka bloh hotwajan, tapi kok nggak ngeh yah kalo yg punya mbak hmzwan hihihii.. *malu... resepnya keren2 n mudah dipraktekin dirumah :D

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalau pakai bawang merah jadinya gosong...

    BalasHapus
  10. kalo lagi males aku beli bumbu uleg di tukang sayur aja hihi...udah komplit, dibungkusin gitu pake plastik dan takarannya untuk 1 ekor ayam. Tinggal dimasukin ke dalam panci, tambah air dikit trus diungkep deh. Eh kaldunya yang berbumbu jangan dibuang lho. Masih bisa buat ngungkep tahu tempe atau masak sayur gori. kalo males, aku bekuin di freezer tuh kaldunya hehe...

    BalasHapus
  11. Aku skrg lg ungkep ayam jg mbak... tp dr bumbu diatas msh tak tambah laos, jahe, jinten plus sereh... semua diulek... jd berasa banget rempah-rempahnya... hehe

    BalasHapus
  12. Kalau jadi aku sih lebih suka pakai bumbu instan. Tinggal cup.. cup.. cup.. ukep. goreng deh..
    *halah sok pinter masak, pegang ayam mentah aja gak pernah* :P

    BalasHapus
  13. Sama mak...saya juga suka bikin ini..praktis..

    BalasHapus
  14. Ungkepnya pake santan dikit lebih gurih Mak...aku juga triknya seperti itu buat bikin bekal makan s anak2 ke sekolah...

    BalasHapus
  15. Kalo diungkep itu praktis, pas males masak tinggal goreng, banyak malesnya kalau saya haha

    BalasHapus