Kamis, 29 Januari 2015

Bubur Kacang Hijau Durian

Assalamualaikum...
Kapan hari pas kami jalan-jalan, mendadak suami meminggirkan mobil, katanya pingin beli durian. Ya sudah saya manut saja hehe, lama juga saya tidak makan durian, hampir tiga tahun. Sampai di rumah langsung buka duriannya dan suami lahap melumat satu demi satu buah duriannya, termasuk saya. Nggak mungkin dihabisin, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Akhirnya disisain buat esok hari, saya punya ide membuat ketan kuah durian seperti yang ibu biasanya ibu buat. Berhubung saya tidak ada stok ketan putih, jadinya pakai kacang hijau saja.  Jadi ini resep bubur kacang hijau durian sederhana, apa adanya bahan. Biasanya biar kental dikasih tepung beras, berhubung tidak ada jadi di skip. Dan santannya tidak jadi satu, melainkan merebusnya disendirikan. Jadi pas mau maenikmati kacang hijau, baru dituang. Yuk ah mari kita buat bubur kacang hijau durian.
 Bahan :
100 gr kacang hijau,rendam dengan air banyak semalaman
6 buah durian
4 gelas air
90 ml santan *pakai bumas*
5 sdm gula merah
3 sdm gula pasir
1/5 sdt garam
2 lembar daun pandan

Cara :
Rebus kacang hijau dengan 3 gelas air, jika kurang bisa ditambah, masak sampai matang.
Tambahkan gula pasir, gula merah, garam, 1 daun pandan dan durian. Angkat lalu sisihkan.
Rebus santan dan 1,5 gelas air, sejumput garam dan daun pandan sampai matang.

Cara penyajian :
Siapkan mangkuk, tata bubur kacang hijau dan santan, lalu tambahkan durian.

Heummm,harum sekali baunya hehe. Alhamdulillah bubur kacang hijau duriannya ludes, yang makan cuma berdua hahaha. Ini doyan apa demen sih??hehehe.
Semoga bermanfaat^^

****

13 komentar:

  1. Oh No.. Cica nggak banget sama Durian, padahal bubur kacang ijo doyan banget..

    BalasHapus
  2. Mbaak... Akhirnya kesampaian berkunjung kesinii... Hehe...
    Duriannya mbikin ngileerr... Disini masih jarang yg jual :(

    BalasHapus
  3. aku belum beli durian padahal udah musim. Kadang suka mikir kolesterolnya itu lho, hehe...

    BalasHapus
  4. Oh Ya Allahh.. ngeliatnya aja udah ngiler dan kerasa enak banget ini..mbaaaak
    tega banget ya dirimu bikin org pengen :D

    BalasHapus
  5. Ahhhh mauuu... Pasti sedaaap

    BalasHapus
  6. slurpp.. enak banget ini, mba. apalagi pas ujan2 gini :D

    BalasHapus
  7. aduuuh durian itu bikin ngileeerrr. sedaap bangett ~

    BalasHapus
  8. Huwaaa ini mah cheating... *nangis guling2*... ah tp kan ada jatah buat citing yaakss...*siapin raw veggies segambreng buat bayar lunass*

    BalasHapus
  9. udah paling pas bingitsss, di Pontianak lagi musim durian. langsung nyobain akh.... thank you buat resepnya

    BalasHapus
  10. huaaa duriaaan, i love it ! bubur kacang ijo juga sukaaa, tapi belum pernah kalo disatuin gitu, natr nyoba ahh :D

    BalasHapus
  11. Aaaaaaaaaaaa...........kkkkkkkkk pengen mbakkk.... udah berapa abad ya gak ada makan bubur kacang ijo durian :(

    BalasHapus
  12. Aq udah hampir setahun gak makan duren, duh nunggu hbs lairan deh :)

    BalasHapus
  13. kalau kacang hijaunya diganti sama ketan hitam, enak juga kayaknya, ya

    BalasHapus