Jumat, 02 Januari 2015

Lupis Lemang

Pertama kali lihat dan ngerasain lemang itu pas di Siak, dikasih ibunya teman kos, kebetulan kenal dan sering nitip kendaraan kalau pulang mau pulang ke Batam hehe. Berkah silaturahmi, jadi bisa ngerasain lemang. Lemang adalah makanan yang dimasak di dalam seruas bambu, tepung beras yang dicampur dengan santan, kemudian dimasukkan ke bambu lalu dimasak sampai matang. Nah, kemarin kebetulan dikasih lemang sama rendang, jadi lemangnya di cocol pakai rendang, enak bangettt. Kebetulan ukuran lemangnya setangan, jadi nggak ungkin dihabiskan dalam sekejap, esok harinya saya kepikiran dibikin lupis hehe. Lupis lemang gitu hahaha, apa aja deh yang penting lemangnya habis.
 Bahan :
Separo lemang
Kelapa muda kukus
Gula merah kental, yang sudah dimasak dengan air

Penyajian :
Siapkan kelapa muda yang sudah di kukus, gulingkan irisan lemang diatas kelapa muda, taruh di wadah dan siram dengan gula merah.
Heummmm enakk, alhamdulillah. Awalnya bingung gimana cara ngehabisin lemang, akhirnya ludes dalam sekejap hehehe.
Ada yang pernah menikmati lupis lemang???
semoga bermanfaat^^.

22 komentar:

  1. kalo disini itu namanya leupeut mak. biasa dimakan bareng ketupat + opor :D
    jadi penasaran rasanya lupis lemang. jadi berasa kaya getuk gitu gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip lepet mak,cuma lemang nih agak lembut gitu,perasaaa sih hehehe...

      Hapus
  2. Rasanya jadi gurih manis ya Mbak?

    BalasHapus
  3. ooh, ini yang namanya lemang. baru tau, hehe ^ ^
    duh, kayaknya enak deh...

    BalasHapus
  4. Mba, itu rasanya kayak lupis di jawa ga sih?

    BalasHapus
  5. Rasanya enakan mana sama lupis beneran mbak ? .... penisirin diri ini... ahihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm...lupis beneran mak,soalnya lagi kangen sama lupis hehehe.kalo lemang enaknya dicocol pake rendang mak^^

      Hapus
  6. aku suka banget nihh lupis.. apalagi kalau yang bikin orang asli betawi hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,jadi penasaran sama lupisnya betawi^^

      Hapus
  7. Pasti lebih sedep krn dimasak pake bambu. Ini rasanya jadi gurih2 manis gitu, ya? oiya, parutan kelapanya dikasih sedikit garam nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,beda aromanya. iya mirip lupis banget,g pake garam mbak ^^

      Hapus
  8. piye rasane iki ? lemang aja aku belum pernah makan hihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha kayak lepet gitu,cuma ini lebih lembut,enak pokoknya hahaha

      Hapus
  9. Menggugah bener mak, lupis memang gk ada matinya dah. :)

    BalasHapus
  10. oo.... kayak begini toh yang namanya lemang... iya, mirip sama leupeut... cuma leupeut ada yang bersantan ada yang tidak... tapi kayaknya enakan lemang deh.. dimasaknya pake bambu... :D

    BalasHapus
  11. Ngukusnya kayak putu ayu ya, Mbak?

    BalasHapus
  12. Belum pernah makan lemang =,= sering krungu tok...

    BalasHapus
  13. Naaahh...ini jajanan rutin pagi saya waktu kecil di Betawi....**Hmmm, Love Is (Lopis)

    BalasHapus