Selasa, 20 Januari 2015

Bongko Roti Tawar

Pernah dengar bongko??kalau sudah pasti nggak asing, tapi kalau belum pernah dengar dan lihat plus incip-incip pasti penasaran. Saya kurang tahu kenapa namanya bongko, makanan semi-semi ringan ini sering saya temui sejak duduk di sekolah dasar. Ibu saya sering buat kalau ada keluarga atau tetangga sakit.  Bahannya gampang, cuma roti tawar, gula sama santan. Cara membuatnya juga gampang, campur semua bahan dan kukus 10 menit, langsung jadi. Enaknya di nikmati pas masih hangat, karena berair, maka dari itu kali ini saya buatnya pakai telur, biar nggka berair. Yuk ah mari kita buat^^.
 Bahan :
8 buah roti tawar 
2 sdt gula pasir
90 ml santan kentar, saya pakai santan instan *di pasar santan habis*
Sejumput vanili
1 buah telur
4 buah tusuk gigi
1 lonjor daun pisang

Cara membuat :
Panaskan kukusan.
Potong dan suir-suir roti tawar.
Campur santan, gula, vanili, dan telur, aduk sampai tercampur.
Masukkan roti tawar ke adonan santan.
Ambil daun pisang, masukkan adonan roti tawar dan santan, bungkus, sematkan tusuk gigi.
Masukkan ke kukusan kukus selama 10 menit.
Bongko roti tawar sudah matang, enaknya dinikmati pas hangat-hangat.  Bau amis nggak??kan ada telurnya??nggak, karena dikasih vanili, jadi harum baunya hehe.
Semoga bermanfaat.

****

20 komentar:

  1. yang mau ditanyakan, rasanya rasa apa? santan apa roti tawar ntu Mak...jadi pingin nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. roti tawar plus santan mak,rasanya campuran keduanya ^^

      Hapus
  2. Saya ingat dulu ibuk di Jombang pernah menyebut nama ini, hehehe... praktis dan enak ya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Nek di daerahku namanya carang gesing Mak...enak, aku mau bikin nih nanti sore,,,cuma mau aku panggang aja...

    BalasHapus
  4. Inget, Mba.
    Dulu sy sering makan bongko pisang.
    Wah, boleh nih dipraktekin bongko roti tawarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa juga ditambahin irisan pisang mbak^^

      Hapus
  5. mirip puding roti yah...
    klo puding pake susu, klo ini pake santen & dbungkus daun...
    kpn2 coba ah :)

    BalasHapus
  6. wahh ini gampang yah ternyata, mau coba ah kapan-kapan, lumayan kalo suka ada sisa roti tawar :))

    BalasHapus
  7. wah bongko roti tawar jadi salah satu snack favorit keluarga besar kami :)

    BalasHapus
  8. mo nyoba ah.. ternyata gampang bgt.. hihii

    BalasHapus
  9. Hidangan ni seering ada saat hajatan di kampungku mbak. Katanya karena bikinnya mudah , praktis dan babar :)

    BalasHapus
  10. ini makanan kalo di rumahku nggak pernah ditolak. habisnya sedep sih...

    BalasHapus
  11. Kaya puding gitu mak teksturnya ya??

    BalasHapus
  12. mamah saya yang suka bikin ini. Saya sendiri belom pernah coba :D

    BalasHapus