Senin, 26 Januari 2015

Balado Terong & Ikan Asin

Ikan asin dan orang Medan
Untuk pertama kalinya saya berbaur dan kenal dengan orang Medan itu ketika menginjakkan kaki di Batam, kebetulan mayoritas teman-teman guru asli orang Medan.  Dari situlah saya baru tahu kalau orang Medan itu suka banget sama ikan asin dan ikan teri, pokoknya setiap makan lauk wajib harus ada ikan asin, kalau nggak ada ya ikan teri.  Ya, ibarat orang Jombang nih, makan nggak pakai kerupuk itu kurang nendang hehehe. Geser sedikit ke Sumatera tepatnya di Siak, banyak juga orang Medan, tepatnya Jawa-Medan, itu kata mereka. Kebetulan teman kantor suami juga sebagian orang Medan, jadi tahu juga kalau teman-temannya juga sering makan ikan asin. Bahkan kata suami, satu ikan asin ukuran jempol, bisa dimakan berlima lo, jadi makan ikan asinnya sikit-sikit, kata orang melayu, alis sedikit-sedikit hehehe. Wah, bener-bener gotong royong ya makannya, sedikit untuk banyak orang. Keren...

Karena virus ikan asin sudah menjalar ke lidah kami hahaha, mau nggak mau kalau ke pasar pasti setidaknya beli ikan asin atau ikan teri.  Nggak langsung di masak sih tapi buat stok, kalau pingin sambal, baru dibuat. Tadi menu kami ikan asin dan terong di balado, yuk ah masak-masak. 
Bahan :
1/5 ekor ikan asin, potong dadu, goreng
2 buah terong ungu, potong dadu, goreng
Minyak goreng
Gula

Sambal balado halus :
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit
8 buah bawang mera
4 buah bawang putih

Cara memasak :
Panaskan minyak, tumis sambal balado, tambahkan gula.
Jika sudah harum, masukkan terong dan ikan asin yang sudah di goreng, aduk, angkat.
Sedep bener, lauk sudah matang, siapkan lalapan, timun, tomat, kol dan nasi hangat. Waktunya menikmati balado nan lezat ini, ohya, jangan banyak-banyak makan ikan asin ya, sikit-sikit aja, kalau kebanyakan nanti pusing dan darah tinggi hehe.
Semoga bermanfaat.

****

17 komentar:

  1. Diet bubar kl bgini caranya mah...

    *manyun....

    Hihiihihi....

    BalasHapus
  2. nyam...pake nasi anget kepul-kepul wis to paling syedep. Kalo aku terongnya dibakar di atas teflon pake sedikit minyak biar nggak mandi minyak terongnya. Biar irit minyak judule...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak,harusnya di bakar ya hahaha..maklum anak ingusan belajar masak.okesip dicatett,nuwun ya mbak ^^

      Hapus
  3. Bewe hari ini kok ketemu makanan pedes aja .. hiks ...

    BalasHapus
  4. Sambal terong kesukaan saya, boleh dong request di kirim ke sini hehe

    Oya kunjungan perdana sekalian salam kenal dari Pulau Dollar

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos dulu hehehe..eh pulau dolar itu dimana ya ??

      Hapus
  5. selaluuuuu ngilerrr kalo mampir ke sini. entah mana yg mau dikomen, semuanya pengen diambil aja fotonya dijadiin ada!!! :D :D

    BalasHapus
  6. wkwkkw, pas lagi ke sini, saya juga lagi masak ini. Tapi gak pake terong :D

    BalasHapus
  7. balado terong kesukaanku.,..
    wah kalo dikasih ikan asin tambah enak kali yah miss hihih..
    coba aaah...

    BalasHapus
  8. Waaaa malam malam baca postingan sambal nasi angeett bikinn laperrr mataa.... Kl pakai jambal yg biasa dijual di supermarket apa seenak ikan asin di postingan ini ya? ^_^

    BalasHapus
  9. Waduuh ngabis2in nasi ini !! :D

    BalasHapus