Jumat, 19 Oktober 2018

Resep Roti Pisang

Assalamualaikum.. Nah, kebetulan kemarin saya nggak belanja sayur, kue dan stok roti kosong. Siang hari bubuky makan nasi setengah porsi dia, sudah di kasih kerupuk tapi tetep nggak mau habisin nasinya. Pas ada beberapa pisang kepok dari nenek (pemilik kontrakan) yang udah mateng banget, kepikiran bikin roti pisang banjar ala Mbk @pujihamzah. Tapi pas lihat resepnya beberapa bahannya nggak ada, untung ada ketemu resep lain yang ada pisangnya tapi punya Mbk Puji di goreng, untung ada stok ragi. Yaudah deh bikin roti pisang a la - a la gitu hehe, dicetak aja pake cetakan kue lumpur, dibawain mbahnya bubuky 😊.

Kalau resep roti pisang, aslinya pakai santan, baking powder, sama apa ya....lupa hehe, bisa langsung cek di ig Mbk Puji ya 😊. Alhamdulillah, bubuky dan tim satu atap pada suka dan doyan banget. Malam hari tinggal 3, sebelum tidur bubuky cek meja, ambil roti pisang, di makan. Lapar ternyata 😂, etapi dia habis 2 setengah lho hahaha. Alhamdulillah, ibu senang..

Roti Pisang
Bahan :
2 buah pisang kepok matang,bagi 2,iris tipis
1 cup tepung terigu (cup beras mejikom)
1/2 sdt ragi
Air hangat secukupnya
3 1/2 sdt gula pasir
Sedikit garam
100 ml susu UHT
1 butir telur
Margarin, untuk olesan

Cara membuat :
Siapkan wadah, masukkan ragi, gula 1/2 sdt teh, air hangat, aduk, biarkan sampai berbusa. Di wadah yang berbeda, masukkan tepung terigu, gula, garam, susu UHT, ragi yang sudah berbusa dan telur, aduk sampai rata. Masukkan potongan pisang, tutup dengan kain, tunggu sampai agak mengembang. Siapkan cetakan lumpur, nyalakan api kecil. Kalau cetakan sudah panas, olesi dengan margarin, masukkan adonan pisang, satu cetakan 2 sdm, tutup. Jika bagian bawah sudah berwarna kecoklatan, balik. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar