Rabu, 16 Maret 2016

Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard

Roti Manis Tanpa Oven Isi Krim Custard. Assalamu'alaikum...Apa kabar pecinta hot wajan??semoga sehat selalu ya. Ceritanya dari kemarin saya pingin banget bikin roti, tapi ovennya ada di rumah bulek. Atas nama malas, akhirnya punya ide mau bikin roti tapi pakai wajan tempura alias nggak pake oven. Kalau ngomongin roti pastinya saya inget banget sama blognya JTT, blog mbak Endang. Soalnya disana banyak banget resep roti hehehe, pergi ke mbah google dan cari resep roti tanpa oven. Tuh kan, yang keluar blognya mbak Endang, langsung saya baca cara-caranya. Nggak lupa saya tulis biar kalau pingin bikin roti lagi, pakai resep nya mbak Endang. Ohya, saya bikin rotinya sesuai dengan resep, kalau krim custardnya saya bikin setengah resep. Awalnya saya nggak tau krim custard itu yang bagaimana, setelah jadi, eh ternyata ini to namanya krim custarad. Enak, lembut dan cocok!!!...hahahaha. 


Resep oleh : Just Try and Taste 
(resep asli klik link berwarna pink diatas)

Bahan Krim Custard :
4 butir kuning telur
50 gram tepung maizena
100 gram gula pasir
1 sdt vanili ekstrak (saya pakai vanili bubuk)
500 ml susu cair (saya pakai ultra milk)
50 gram mentega/margarin (saya pakai margarin)

Cara Membuatnya :
Siapkan mangkok, masukkan kuning telur, gula pasir dan tepung maizena. Aduk sampai smooth.
Siapkan panci, masak susu cair dengan api kecil sampai hangat (jangan sampai mendidih). Tambahkan mentega, aduk, matikan kompor dan biarkan susu dingin.
Tambahkan 50 ml susu cair ke adonan telur, aduk rata.
Masukkan lagi 100 ml susu cair ke adonan telur, aduk sampai encer.
Masukkan adona telur ke sisa susu cair yang ada di panci, masak dengan api kecil, aduk sampai adonan mengental dan menjadi krim.
Jika sudah meletup-letup, matikan kompor, pindahkan ke dalam wadah dan tutup dengan plastik/plastik wrap. 



Bahan Roti Manis :
360-400 gram tepung terigu serba guna
60 gram gula pasir
5 gram ragi instan
160 ml susu cair (saya pakai ultra milk)
2 butir telur,kocok lepas
40 gram mentega/margarin (saya pakai margarin)
1/2 sdt garam

Cara Membuatnya :
Siapkan panci, masukkan susu cair. Masak dengan api kecil sampai susu hangat, angkat.
Siapkan wadah, masukkan tepung, gula pasir dan ragi instan, aduk. Tuang susu dan telur yang sudah di kocok, aduk lalu uleni sampai adonan kalis. Kebetulan saya pakai mixer nguleninya.
Tambahkan mentega dan garam, uleni sampai kalis dan lembut.
Diamkan adonan roti di dalam wadah, lalu tutup dengan kain.
Jika adonan sudah mengembang, bagi menjadi 12 potong.
Gilas adonan, isi dengan krim custard, tutup rapat.
Tutup adonan dengan kain agar mengembang dua kali lipat.
Tata adonan di loyang atau wajan anti lengket, tutup pan lalu masak roti dengan api kecil.
Jika sisi bawah sudah kecoklatan, balik (jangan ditekan) dan tutup kembali pan.
Jika sudah matang, angkat, siap dihidaangkan.




Tentang Pembuatan Roti Manis Isi Krim Custard
1. Manggangnya pakai apa?? : Saya pakai wajan tempura maxim, tinggal taruh adonan saja nggak pakai margarin dan nggak lengket. Sekali ngepan wajannya saya isi 3, dengan api kecil, lama ngepan 10-15 menit.
2. Tektur rotinya gimana?? : Pertama kali bikin roti, dan hasilnya nyenengin bangetttt, lembut, nyerat dan enak. Jadi, bisa diulangin lagiii^^.
3. Krim custardnya gimana?? : Saya bikinnya setengah resep, enak, lembut banget krimnya. Baru tau kalau krim ini (yang sering ada di roti kalau beli) namanya krim custard hahaha. 
4. Gagal nggak?? : Nggak pake gagal, baik bikin rotinya maupun bikin krim custardnya. Sempet takut hasilnya nggak sesuai dengan bayangan, eh ternyata enakkkk. Ibu saya aja sampe bilang enak, besok-besok bikin lagi yang isinya kacang ijo ya, katanya hahaha.


Alhamdulillah, hasilnya luar biasa. Pingin bikin roti tapi nggak punya oven, hayuk bikin aja pakai pan anti lengket. Atau kalau punya wajan tempura kayak punya saya, bisa juga lo.. Rotinya enak, krim custardnya juga enak banget, makasih resepnya mbak Endang JTT^^.
Ada yang mau nyoba???
Semoga bermanfaat....^^


24 komentar:

  1. Ini kayak bakpia gitu ya mak

    BalasHapus
  2. Pengen nyoba tapi saya ga bisa baking, takut gagal :(
    Tfs, Mak

    BalasHapus
  3. Pan anti lengket memang bisa buat kue, kalo nggak ada oven.
    Nyam nyamm enak banget ya *comot 5 biji :D

    BalasHapus
  4. Waaaah gampang yaaah. Mau coba ah. :)))

    BalasHapus
  5. Kayanya cucok buat aku yang males masak, is.. :D

    BalasHapus
  6. Cocok nih buat saya yg blom punya oven

    BalasHapus
  7. kalau mencoba saya mau. Tapi kalau disuruh buat, saya malas hahaha

    BalasHapus
  8. rotinya keliatan empuk juga belum pernah nyoba manggang roti pake wajan, mau cobain juga ah :D

    BalasHapus
  9. Kok kayaknya gampang ya.. ^^. Ok catat dulu ahhh

    BalasHapus
  10. Duh kayanya gampang dan enak ya maaaaak. Ntar coba aaaah. Makasi Maaaaak

    BalasHapus
  11. warnanya bagus tuh roti... keranjangnya juga (mulai out of topic soalnya jd laper liat roti ituhhh)

    BalasHapus
  12. bookmark...besok minggu cobain ah hihihi...

    BalasHapus
  13. Saya pernah nonton cara pembuatannya di Youtube. Eh ternyata Mak Hanna juga bikin hihihi ... asik asik, ga pake oven~~

    BalasHapus
  14. Bisa juga tanpa oven ternyata. Kayaknya enak. ^^

    BalasHapus
  15. Pengen nyoba... hahaha jd bahagia kitain mesti punya oven sih kao buat roti2an

    BalasHapus
  16. Aku suka rotii, ah mau nyobain resep ini mbaaa, moga berhasil kaya dirimu hehe

    BalasHapus
  17. aku yo geleeeemmmm.....canggih deh bisa bikin roti tanpa oven....

    BalasHapus
  18. Pas hangat dimakan pakai kopi pasti enaaaakk neh mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga berpikiran sama enak kalo dipaduin samakopi dan teh atau susu heem

      Hapus
  19. Kayanya enak ya mbak...nguleninya cepetan mana mbak sama roti biasa?secara saya pake LG alias Lengen Gede..

    BalasHapus
  20. Wah bisa khilaf ini. Gak inget timbangan. Ngemil mulu ampe abis sekeranjang 😉

    BalasHapus
  21. ini mirip roti gepeng, tau nggak ya? hihihi

    BalasHapus
  22. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.


    regards,

    oxone

    BalasHapus